Strategi Marketing Mix 4p dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan

  • Khakimatusodiqoh , Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muhyidin , Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muna fauziah IAINU Kebumen
  • Agus Salim Chamidi IAINU Kebumen
Keywords: Product, Price, Place, Promotion, Marketing Mix

Abstract

Penelitian ini  dilatar belakangi adanya fenomena persaingaan lembaga pendidikan yang semakin ketat disemua jenjang terutama di tingkat Anak Usia Dini, sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan  mengetahui penerapan strategi marketing mix 4P dalam mewujudkan sekolah Unggulan di RA Queen Al Khadijah Kabupaten. Metode yang digunakan peneliti dalam meneliti sebuah kasus ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, karena pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan, menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta serta sifat hubungan antara fenomena yang diselidiki. Adapun sumber data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi yang digunakan oleh RA Queen Al Khadijah adalah dengan menerapkan strategi Marketing mix atau lebih di kenal dengan 4P (Product, Price, Place, Promotion). Strategi produk, harga, tempat  dan promosi Itu semua dilakukan oleh RA Queen AL Khadijah  dalam memberikan kepuasan kepada konsumen, meningkatkan jumlah anak didik, kualitas peserta didik sehingga label sebagai sekolah unggulan akan diberikan oleh konsumen.

References

Afidatun Khasanah. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal El-Tarbawi, 8 (2), 166.
Assauri Sofjan. 2004. Manajamen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basu Swasta dan Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Boyd Dan Walker. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.
Dadang Suhardan, dkk. 2013. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hax, A. C. 2010. The Delta Model: Reinventing Your Business Strategy. Springer Science & Business Media.
Nanang Fatah. 2013. Sistim Penjaminan Mutu Pendidikan: Dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Noeng Muhadjir. 2007. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rina Rachmawati. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2 (2), 146.
Sofjan Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Stewarth H. Rewoidt, dkk. 1991. Perencanaan dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Sugeng Listyo Prabowo. Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah/Madrasah. Malang: UIN-Malang Perss.
Syahrial Labaso. 2018. Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Jogjakarta: Manageria Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vo. 3, No.2.
Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Winardi. 1989. Aspek-Aspek Bauran Pemsaran (Marketing Mix). Bandung: Mandar Maju.
Published
2022-06-27
How to Cite
, K., , M., fauziah, M., & Chamidi, A. (2022). Strategi Marketing Mix 4p dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 22-36. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i1.537
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>