Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

  • Zaroh , Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muna Fauziah IAINU Kebumen
  • Sulis Rokhmawanto Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: kepemimpinan, kepala madrasah, kinerja, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan prestasi belajar siswa? 2) Adakah pengaruh kinerja guru dengan prestasi belajar siswa? 3) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kalijaran ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif. Datanya diperoleh dengan cara menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perhitungan regresi diperoleh konstanta positif sebesar 3.017 dimana variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,915 dengan nilai t hitung 1,108. Semakin meningkat kepemimpinan kepala madrasah, maka prestasibelajar siswa akan mengalami peningkatan; 2) Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel Kinerja Guru (X2) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,17 dengan nilai t hitung 2.505 maka disimpulkan bahwa variabel Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar; 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru berpengaruh secara simultanterhadap hasil prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Kalijaranyang diperoleh dari perhitungan F hitung sebesar 159,686 dengan signifikan < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dari hasil tersebut diketahui bahwa persamaan garis regresi dapat dipakai untuk memprediksi Prestasi Belajar, atau bisa dikatakan variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar.

References

Aan Komariah dan Cepi Triatna. 2015. Visionary Leadership Menuju SekolahEfektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ciputra Try Laksono. 2019. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi BelajarMatematika Siswa Kelas V Se Gugus Bima Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6 No. 9, hal. 254
Endah Listyasari. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Vol. I, No. 3, hal. 21.
Martinis Yamin dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Malang : UIN-Maliki Press.
Mulyasa. 2013. Menjadi Kepala Madrasah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompentensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nunu Nuchiyah. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan KinerjaMengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. V, No. 7, hal. 325
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: rajawali Press.
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Venny Safaria. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan KinerjaGuru Terhadap Produktivitas Sekolah Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 6 No. 5, hal. 123.
Published
2022-06-27
How to Cite
, Z., Fauziah, M., & Rokhmawanto, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 1-21. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i1.552
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>