MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI PESANTREN DI SMP ISLAM AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN

  • siti atikah Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, Tradisi Pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis manajemen pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren di SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian bertempatan di SMP Islam Al-kahfi Somalangu Kebumen. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Adapun yang menjadi responden yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan konseling, guru kelas, dan peserta didik. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren di SMP Islam al-kahfi dengan cara membuat perencanaan, pengorganisasian, penerapan, dan pengendalian/evaluasi, sedangkan pendidikan karakter berbasis pesantren dilaksanakan melalui pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pembiasaan kepada peserta didik dengan identic karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, bersahabat dan peduli lingkungan.

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Tradisi Pesantren

References

Agry, F. P. (2017). Perbedaan Kemandirian Belajar antara Siswa SMA yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Siswa yang Tinggal di Rumah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis tipikal kekerasan pada anak dan faktor yang melatarbelakanginya. Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 1-10.
Amiruddin, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di MAN 1 Kota Kendari. EDUCANDUM, 4(1), 14-30.
Astuti, Y., Herminingsih, A., & Suprapto, S. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek (Studi Kasus Program Studi Manajemen S1 FEB-UMB Jakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 5(3), 354-362.
Faijin, F. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di MTS Maslakul Huda Sluke) Tesis (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).
Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai kesantunan berbahasa melalui pembelajaran pai dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 13-28.
Istiqamah, A. N., Kurnianto, R., & Saputro, A. D. (2018). Manajemen Pesantren Mahasiswa dalam Membentuk Karakter Religius di Pesantren Mahasiswa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 2(2), 12-25.
Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.
Nurhasanah, N. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 139-145.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 4(1), 19-32.
Qomar, M. (2005). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.
Usman, I. M. (2013). Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam. Jurnal Al Hikmah, 14(1), 101-119.
Widodo, S. A. (2015). Membangun Kerangka Filosofis Pendidikan Yang Berbasis Pada Problem Sosial Sembodo Ardi Widodo Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(2), 307-329.
Zindani, A. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Smk Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen Sebagai Sekolah Berwawasan Lingkungan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Published
2021-12-27
How to Cite
atikah, siti. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI PESANTREN DI SMP ISLAM AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 8(1), 43-52. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v8i1.361
Section
Articles