MANAJEMEN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

  • suryati , Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Sulis Rokhmawanto Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muna Fauziah IAINU Kebumen
Keywords: : Manajemen, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah. Informan dari penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo dalam menerapkan disiplin preventif kinerja guru sudah dilakukan sejak awal berdirinya MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo, sedangkan untuk disiplin korektifnya juga dilakuakan, namun hukuman yang di berikan tidak begitu memberatkan dalam arti masih hanya sekedar teguran. Sedangkan disiplin korektif di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo selama ini hanya sebagai acuan saja, acuan untuk menjadikan guru lebih disiplin lagi. Di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo dalam melakukan disiplin mematuhi aturan dan hukuman kinerja selalu diterapkan karena itu merupakan aturan yang harus dilakukan oleh semua guru dan karyawan di MTs Al Islamiyah Balorejo Bonorowo guna untuk meningkatkan kedisiplinan.

Kata Kunci: Manajemen, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

References

DAFTAR PUSTAKA
Hadisaputra, D. (2019). Penerapan Disiplin Kerja di Balai Latihan Kerja Lembang (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal kwangsan, 1(2), 95.
Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.
Prasetyo, E. T., & Marlina, P. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 21-30.
Purwanti, S. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Journal Administrasi Negara, 1(1), 210-224.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11-22.
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54.
Tua, A. G., Tewal, B., & Karuntu, M. (2014). Konsep diri, Pendidikan dan pelatihan, disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai di Kejaksaan tinggi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 353-362.
Published
2021-12-27
How to Cite
, suryati, Rokhmawanto, S., & Fauziah, M. (2021). MANAJEMEN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 8(1), 53-61. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v8i1.363
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>