MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada peyelenggaraan program Full Day School di MTs Negeri 3 Kebumen. Sumber data penelitian ini terdiri dari dokumentasi, kunjungan lapangan serta wawancara dengan beberapa unsur seperti: kepala madrasah, pengurus Full Day Scholl, dan guru.Teknik pengumpulan menggunakan, instrumen wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi. Teknik analisis data data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen Full Day School untuk meningkatkan mutu madrasah dilaksanakan melalui empat proses kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen Full Day Scholl dilaksanakan dengan baik terbukti dengan perolehan prestasi yang diraih oleh siswa melalui berbagai ajang lomba baik bidang akademik maupun non akademik di berbagai tingkat meliputi kecamatan, kabupaten, propinsi, dan event nasional.
References
Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Yogyakarta: Diva Press.
Baharuddin. (2017). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Barlian, Ujang Cepi. (2016). Manajemen Strategik: Konsep dan Implementasi. Bandung: Khalifa Insan Cendekia Press.
Buchori, Mochtar. (1995). Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Hadis, Abdul dan Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Holm, Lars. (2014). Parental perspektives on Danish full-day schools for etnic-minority students . International Journal about Parents in Education.
Ihsan, Fuad. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Komariah, Aan dan Engkoswara. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Machali, Imam dan Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Marno dan Triyo Supriyatno. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Reflika Aditama
Mudyahardjo, Redja. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir dan Wahyu. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Penerbit Kencana.
Rossidy, Imron. (2009). Pendidikan Berparadigma Inklusif. Malang: UIN Malang Press.
Siraj, Arifuddin. (2012). Cara Praktis Mempelajari Manajemen. Makassar: Alauddin University Press.
Sulistyaningsih, Wiwik. (2008). Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
Tim Pustaka Agung Harapan. (2000). Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.
Zulkarnain, Dali. (2017). Manajemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2020 Usman Nuryanto, umi arifah, sudadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).