MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MA AN NAWAWI BERJAN PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pengembangan kurikulum madrasah berbasis Ilmu Sosial Profetik dalam mewujudkan madarasah unggul di MA An Nawawi Berjan Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pencatatan data reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis ilmu sosial profetik di MA An-Nawawi Berjan Purworejo bahwa dalam muatan materi mengintegrasikan materi umum dengan materi keagamaan sebagai pondasi nilai transendensi. Pada penerapan nilai humanisme sudah menjadi budaya pesantren interaksi hablun minannas terjalin karena pesantren dan madrasah merupakan tempat untuk terjalin interaksi sosial dari peserta didik yang berlatar belakang berbeda. Metode pembelajaran yang digunakan dengan metode saintifik pada proses pembelajaran umum, sedangkan materi terintegrasi menggunakan metode sorogan, bandongan, ceramah, tanyajawab, praktik dengan disesuikan muatan materi yang diajarkan.
References
Ahmad, Beni dan Koko Komaruddin. (2016). Filsafat Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad, Beni Saebani. (2002). Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2012
Ananta Toer, Pramoedya. (2002). Bumi Manusia. Jakarta: Hasta Mitra.
Aris Kurniawan. (2020). Pengertian wawancara dalam https://www.gurupendidikan.co.id
Arifah, Umi dkk. (2020). Kepemimpinan dalam Bisnis Islam. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam.
Aslamiah. (2020). Implementasi Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dan Pesantren (Studi Kasus MTs Bait Qur’any At Tafkir, Tangerang Selatan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Behaviorisme. (2020). https://id.m.wikipedia.org.
Bonus Demografi. (2020). https://id.m.wikipwdia.org
Chabibie, Hasan. (2020). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Digital. Seminar Pembelajaran Inovatif, Kreatif berbasis Digital untuk Madrasah. Purworejo.
Direktur Pendidikan Madrasah. (2014). Modul Inti panduan Pengembangan Kurikulum Madrasah 2013. Jakarta: KEMENAG RI.
Handoko, T. Hani. (2015). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yoyakarta.
Harahap, Syahrin. (1999). Islam: Konsep dan Implementasi Pemberdayaan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Hasyim, Farid. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Malang: Madani.
Hasibuan, M.(2011). Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.
Heriyanti,Mey. (2020). Analisis Data Kualitatif Miles dan Hubermen dalam https://www.kompasiana.com.
Husaini, Usman. (2014). Manajemen Teori, Praktikdan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuntowijoyo. (2007). Islam sebagai Ilmu. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kuntowijoyo. (2017). Muslim Tanpa Masjid. Bandung: Mizan Media Utama.
Machali dan Imam Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Eduacation Teori dan Praktik Pegelolaan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenanmedia.
Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Manab, Abdul. (2016). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia.
Masruroh, Ninik dan Umiarso. (2011). Modernisasi Pendidikan Islam: ala Azurmardi Azra. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Miftahulloh. (2017). Pendidikan Profetik Perspektif Moh. Roqib dan Implikasinya dalam Rekonstruksi Pendidikan Islam Integratif. Purwokerto: Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implemetasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Bisri & Ali Hasan, Pendidikan Manajemen, Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan, 2010
Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Praja, Tatag Satria. (2017). Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Raharjo, Rahmat. (2013). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Yogyakarta: Azzagrafika.
Roqib, Moh. (2016). Filsafat Pendidikan Profetik: Pendidikan Islam Integratif dalam Prespektif Kenabian Muhammad SAW. Purwokerto: Pesma An-Najah Press.
Roqib, Moh. (2011). Prophetic Education: Kontektualisasi Filsafat & Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: Stain Press.
Rouf, Abdul. (2016). Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1, Nomor 2.
Rustanto, Bambang. (2015). Penelitian kualitatif Pekeraan Sosial. Bandung: PT Rosdakarya.
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sandu Siyoto, Sandu & Ali Sodiq. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publising.
Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satria, Tatag, Praja. (2017). Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen Teori dan Kasus. Yogyakarta: PT BUKU SERU.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Suryadi. (2018). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa.
Suryosubroto. (2010). Dimensi-Dimensi Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Shulhan, Muwahid dan Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam: strategi dasar menuju peningkatan mutu pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Widyastono, Herry. (2015). Pengembangan Kurikulum di era Otonomi Daerah (Dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013). Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, Moh. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.
Yusron. (2020). Pengertian Observasi, dalam https://belajargiat.id/observasi
Copyright (c) 2020 Sulis Rokhmawanto, Dwi Marlina, umi arifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).