MANAJEMEN PENDIDIKAN EDUTAINMENT DI TPA AL HIKMAH KEWANGUNAN PETANAHAN
Abstract
Fokus kajian pada penelitian ini dilatar belakangi dari adanya kecenderungan melemahnya
minat belajar pada pendidikan NonFormal utamanya pendidikan keagamaan yaitu salah satunya
Taman Pendidikan al Qur’an bahkan nyaris di berbagai tempat banyak taman pendidikan al
Qur’an yang tidak lagi menyelenggarakan kegaiatan belajar menngajar dikarenakan tidak ada
santrinya atau di lain pihak ada tapi keberadaanya hanya seadanya, sehingga sangat diperlukan
adanya pendidikan berbasis edutainment. Pendidikan berbasis edutainment pada prinsipnya
pendidikan yang dalam penyelenggaraanya dilaksanakan dengan cara-cara yang
menyenangkan, dengan tujuan agar santri merasa senang dan nyaman mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif.
Penentuan narasumber dilakukan dengan teknik purposivesampling dan snowballing sampling.
Teknik pengumpulan data dengan teknik:wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan
uji validitas data memakai teknik trianggulasi data berupa trianggulasi teknik dan sumber. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, dalam pelaksanaan Edutainment Di Tpa Al
Hikmah Desa Kewangunan Kecamatan Petanahan meliputi empat tahap, yaitu perencanaan
yang dilaksanakan melalui tiga proses,pengorganisasian yang terdiri dari dua kelompok,
penggerakan yang terdiri dari dua bentuk penggerakan, dan pengawasan yang dibagi menjadi
dua bentuk pengawasan. Kedua,Pelaksanaan Pendidikan Edutainment meluputi : Membuat yel
yel pembuka, Menyanyi dan musik, Permainan sulap dan Cerita humor.
References
organisasi (TPA). Jurnal AL-Ta’dib. Vol 9 (1): 21-37.
Bafadal, I. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadlillah. (2014). Edutainmet Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia Grup.
28
An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 7 No.2. Th 2020
Hafzah. (2013). Hubungan Sense Of Humor Guru Dalam Mengajar Di Kelas Dengan Motivasi
Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Psikoborneo. Vol 1 (4): 204-209.
Hanggoro. (2015). Model Bermain Sulap Dalam Pembelajaran Menulis Berita Kelas VII SMP.
Lingua. Vol 12 (2): 258-270.
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam. Vol 9 (2): 920-935.
Imam Machali dan Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan
Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Rahmawati, D.N.U., & Puspita, R.D. (2020). Penerapan Manajemen Pembelajaran Di Sekolah
Dasar Selama Pandemi. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol
2 (1): 50-62.
Ridwan & Awaluddin, A.F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan
Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika
Jurnal Kependidikan. Vol 13 (1): 56-67.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya. (2015). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Shodiqin. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis. Vol. IV edisi I: 36-52.
Suasaningdyah, E. (2016). Teknik Penguatan dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat
Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. Jurnal Pendidikan. Vol 1 (2):113-123.
Sumiyati. (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Taman Pendidikan AlQur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi
Pembelajaran Saburai. Vol 1 (1): 15-23.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Copyright (c) 2020 Sulis Rokhmawanto, siti fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).