PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs MA’ARIF SEMPOR

  • Hanifah , Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Siti Fatimah IAINU Kebumen
Keywords: manajemen berbasis madrasah, mutu madrasah

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTs Ma’arif Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian di MTs Ma’arif Sempor Kebumen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) otonomi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah menggunakan delapan standar nasional; 2) partisipasi madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah yaitu menggunakan upaya komite, masyarakat dan warga madrasah; 3) kepemimpinan kepala madrasah dibagi menjadi lima diantaranya: kepala madrasah sebagai motivator, kepala madrasah sebagai inovator, kepala madrasah sebagai edukator, kepala madrasah sebagai supervisor, kepala madrasah sebagai leader; 4) kerja tim yang dilakukan madrasah yaitu menjalin kerja sama dengan beberapa stakeholder

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Barlian, I. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Erlangga.
Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Otonomi Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16 (2): 109-117.
Dakir, A. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Adhitya Andrebina Agung.
Fatimah, S. & Mahmudah, U. (2017). Two-Stage Data Envelopment Analysis (DEA) for Measuring the Efficiency of Elementary Schools in Indonesia. International Journal Of Environmental & Science Education. Vol 12 (8). 1971-1987.
Fattah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol 3 (1): 31-42.
Muhaimin. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mulyasa. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemdikbud. (2015). Petunjuk Teknis Kemitraan Keluarga, Satuan Pendidikan, dan Masyarakat di SD. Jakarta: Kemdikbud Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.
Prasetidjo, P. & Samidjo. (2019). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1 (1):1-5.
Sari. (2013). Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 1 (1): 307-461.
Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.
Suhartono, Fatimah, S., & Widyastuti, S. (2018). Analisis Keterlaksanaan Dan Pengaruh Kemitraan Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat Terhadap Kualitas Pendidikan di SD Negeri 02 Karangsari Kebumen. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. Vol 2 (1): 61-71.
Zahroh, A. (2014). Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2021-12-27
How to Cite
, H., & Fatimah, S. (2021). PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs MA’ARIF SEMPOR. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 13-25. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v8i2.365
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>