SEGMENTASI PEMASARAN PENDIDIKAN DI ERA 4.0 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KEBUMEN

  • umi arifah IAINU Kebumen
  • Nila Nur Sofia Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: Segmentasi, Pemasaran, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis segmentasi pemasaran pendidikan di era 4.0 di MIN 4 Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pemasaran pendidikan di MIN 4 Kebumen dilakukan dengan pendekatan geografis, pendekatan demografis, dan pendekatan perilaku. Kebijakan tersebut dilakukan agar dapat melayani pelanggan dengan baik, memperoleh peluang kerjasama serta meningkatkan daya saing terhadap lembaga kompetitor.

References

Alma, Bukhari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Haqqi, Halifa dan Hasna Wijayanti. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0. Yogyakarta: Quadrant.
Lovelock, C.H dan L.K Wright. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Indeks. Cet-3.
Philip Kotler dkk., (2002). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku 1. Yogyakarta: Andi.
Ma’mur, Asmani Jamal. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggul. Yogyakarta: Diva Press.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Reniati. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Plus Maarif NU Makam Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. IAINU Kebumen.
Savitri, Astrid. (2019). Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Genesis.
Sholihin, Riadhus. (2019). Digital Marketiing di Era 4.0. Yogyakarta: Quadrant.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Muhammad. (2018). Marketing Strategy. Yogyakarta: Andi Offset.
Tim Prima Pena. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, David. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
https://jurnalmanajemen.com/pangsa-pasar/ diakses pada 10 Mei 2020
Published
2019-05-06
How to Cite
arifah, umi, & Sofia, N. (2019). SEGMENTASI PEMASARAN PENDIDIKAN DI ERA 4.0 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 21-30. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v6i2.338
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>