IMPLEMENTASI EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM KETELADANAN KEPEMIMPINAN JAWA DI MADRASAH

  • Rahmawati . Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • umi arifah IAINU Kebumen
  • Sulis Rokhmawanto IAINU Kebumen
Keywords: Emotional Spiritual Quotient, Keteladanan, Kepemimpinan Jawa

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk menganalisis implementasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam keteladanan kepemimpinan Jawa di Madrasah Aliyah GUPPI Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian kepemimpinan Jawa Kepala Madrasah dilakukan dengan memberi contoh dalam perilaku dan pekerjaan serta bersikap santun dalam berbicara. Kepemimpinan kepala madrasah tidak hanya memberikan perintah, namun juga menunjukkan sikap keteladanan dalam segala aspek, baik kedisplinan, tanggung jawab, kebersihan dan sebagainya.

References

Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun kecerdasan emosi dan spritual ESQ Emotional Spritual Quotient The ESQ Way 165. 1 Ihsan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Agra, 2012.
Ali, Fachry, Refleksi Paham Kekuasaan Jawa dalam Indonesia Modern, Jakarta: Gramedia, 1996.
Asmani, Jamal Ma’mur, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Professional: Panduan Quality Control Bagi Para Pelaku Lembaga Pendidik, Yogyakarta: Diva Press. 2009
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Azizy, A. Qodri, Pendidikan (agama) Untuk Membanggun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: Aneka Ilmu, 2013.
Baharuddin, dkk., Kepemimpinan Moral Spritual Kepala PAUD dalam Meningkatkan Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini, Jurnal manajemen pendidikan Universitas Negeri Malang, Vol. 2 No. 1, 2019.
Barker, Chris, Cultural Studies; Teori dan Praktik, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005.
Bogdan dan Biklen, Qualitatif Research for Education an Introduction the Theory and Methode, London :1982.
Danim, Sudarwan, Motivasi Kepemimpinan dan efektivitas kelompok, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Daryanto, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2011.
Dirawat, dkk, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2003
Endraswara, Suwardi, Falsafah kepemimpinan Jawa, Yogyakarta: Narasi, 2013.
Efendi, Agus, Revolusi Kecerdasan Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2015.
Goelman, Daniel, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa. Alex Tri Kantjono Widodo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.
Hendrawan, Sanerya, Spiritual Management: From Personal Enlightenment Toward God Corporate Governance, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009.
Kotter, Jhon, What Leaders really Do, Kepemimpinan dan Perubahan, alih bahasa, Julius A. Mulyadi, Jakarta: Erlangga, 2001.
Mardiyah, Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya Organisasi, Malang: Adityamedia publishing, 2012.
Matthew B. Milles, Michhael Huberman, Analisis data Kualitatif, Jakarta: UI Press, 1992.
Mustofa, Bisri dan Elisa Vindi Maharani, Kamus Lengkap Sosiologi, Yogyakarta: Panji Pustaka, 2011.
Hadari Nawawi, Kepemimpinan Menurut Islam, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Muhyidin, Muhammad, Manajemen ESQ Power, Jogjakarta: Diva Press, 2017.
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2010.
Priansa, Donni Juni dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Bandung: Alfabeta, 2014.
Prawira, Purwa Atmaja, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2013.
Robbins, Stephen P. Essentials of Organizational Behavior, Prentice-Hall, 1983
Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi, Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Rohmat, Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi, Purwokerto: STAIN Press, 2010.
Ridho, Ali, ESQ Dalam Kepemimpinan Pendidikan, Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 3, STAI Al-Khairat Pamekasan, 2018.
Satiadarman, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu, Mendidik Kecerdasan; Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik Anak Cerdas, Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2013.
Smith, S.C. & Piele, P.K., School Leadership. (4rded.), Thousand Oaks: Corwin Press, 2006.
Sobri. dkk. Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009.
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Hendiyat Soetopo, dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1984
Sudardi, Bani, Sastra Sufistik: Internalisasi Ajaran-ajaran Sufi dalam Sastra Indonesia, Surakarta: Tiga Serangkai, 2003.
Susetya, Wawan, Kepemimpinan Jawa, Yogyakarta: Narasi, 2007.
Syukur, Fatah, Managemen Pendidikan Berbasis Pada Madarasah, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2012.
Tebba, Sudirman, Kecerdasan Sufistik Jembatan Menuju Makrifat, Jakarta: Kencana, 2014.
Thoha, Miftah, Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Press, 2007.
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras 2011.
Uno, Hamzah B., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007
Wirawan, 2013, Kepemimpinan teori psikologi, Prilaku organisasi, Aplikasi dan Penelitian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013
Zamroni & Umiarso, ESQ & Model Kepemimpinan, Semarang: raSAIL Media, Group, 2011.
Published
2022-06-27
How to Cite
., R., arifah, umi, & Rokhmawanto, S. (2022). IMPLEMENTASI EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM KETELADANAN KEPEMIMPINAN JAWA DI MADRASAH. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 37-54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i1.553
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)