MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN

  • umi arifah IAINU Kebumen
Keywords: Manajemen, Full Day School, Mutu

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada peyelenggaraan program Full Day School di MTs Negeri 3 Kebumen. Sumber data penelitian ini terdiri dari dokumentasi, kunjungan lapangan serta wawancara dengan beberapa unsur seperti: kepala madrasah, pengurus Full Day Scholl, dan guru.Teknik pengumpulan menggunakan, instrumen wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi. Teknik analisis data data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen Full Day School untuk meningkatkan mutu madrasah dilaksanakan melalui empat proses kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen Full Day Scholl dilaksanakan dengan baik terbukti dengan perolehan prestasi yang diraih oleh siswa melalui berbagai ajang lomba baik bidang akademik maupun non akademik di berbagai tingkat meliputi kecamatan, kabupaten, propinsi, dan event nasional.

References

DAFTAR PUSTAKA
Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Yogyakarta: Diva Press.
Baharuddin. (2017). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Barlian, Ujang Cepi. (2016). Manajemen Strategik: Konsep dan Implementasi. Bandung: Khalifa Insan Cendekia Press.
Buchori, Mochtar. (1995). Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Hadis, Abdul dan Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Holm, Lars. (2014). Parental perspektives on Danish full-day schools for etnic-minority students . International Journal about Parents in Education.
Ihsan, Fuad. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Komariah, Aan dan Engkoswara. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Machali, Imam dan Ara Hidayat. (2016). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Marno dan Triyo Supriyatno. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Reflika Aditama
Mudyahardjo, Redja. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir dan Wahyu. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Penerbit Kencana.
Rossidy, Imron. (2009). Pendidikan Berparadigma Inklusif. Malang: UIN Malang Press.
Siraj, Arifuddin. (2012). Cara Praktis Mempelajari Manajemen. Makassar: Alauddin University Press.
Sulistyaningsih, Wiwik. (2008). Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.
Tim Pustaka Agung Harapan. (2000). Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.
Zulkarnain, Dali. (2017). Manajemen Mutu Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
How to Cite
arifah, umi. (1). MANAJEMEN FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MTs NEGERI 3 KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 45-58. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i1.351
Section
Articles