EVALUASI AKREDITASI DI PERPUSTAKAAN CANDAKARANA SMA NEGERI 2 KEBUMEN

  • Ahmad Ahmad Mahasiswa Pascasarjana IAINU Kebumen
  • Muna Fauziah IAINU Kebumen
  • bahrun ali murtopo IAINU Kebumen
Keywords: evaluasi, perpustakaan, akreditasi, sekolah menengah atas

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis evaluasi akreditasi di perpustakaan Candakarana SMA Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di perpustakaan Candakarana SMAN 2 Kebumen. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, sedangkan analisis data menggunakan cara penyeleksian dan penyusunan  data yang diperoleh. Lalu, data tersebut diolah dan dianalisis untuk dibuat kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu sistem evaluasi dilakukan melalui pengontrolan perkembangan akreditasi setiap akhir pekan melalui dua tahap (pra akreditasi dengan mengecek kesiapan dokumen akreditasi dan pasca akreditasi dengan memberikan reward kepada tim akreditasi), serta adanya hambatan internal dan hambatan eksternal sekolah.

Kata Kunci: evaluasi, perpustakaan, akreditasi, sekolah menengah atas

References

KESIMPULAN
Dari data hasil dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa sistem evaluasi dilakukan dengan mengontrol perkembangan akreditasi setiap akhir pekan, evaluasi dilakukan dengan dua tahap, yaitu pra akreditasi (mengecek kesiapan dokumen akreditasi) dan evaluasi pasca akreditasi (memberikan reward kepada tim akreditasi berupa tambahan anggaran perpustakaan dan juga kesempatan untuk pengembangan SDM perpustakaan), serta adanya hambatan internal (adanya data-data atau dokumen lama yang terselip dan kegiatan yang tidak terdokumentasikan) dan hambatan eksternal (kurangnya sosialisasi instrumen akreditasi dari tim pembina perpustakaan Kabupaten Kebumen, dan kurangnya komunikasi sebelum pelaksanaan).


DAFTAR PUSTAKA
Aidi, S. (2020). Evaluasi Program dan Hambatan pelaksanaan Hand Hygiene di RS “X” BALI. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 6(1), 31-41.
Budiningsih, I. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Islam As Syafi’Iyah (UIA). Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 1-14.
Darmono. (2004). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Fahmi, A. (2020). Manajemen Perpustakaan dan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 3(1), 22-29.
Gusvita, M., Sulaiman, S., & Taridi, M. (2019). Pengawasan Pimpinan dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang Hari (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).
Mania, S., & Hasaruddin, H. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Character Building Training di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1-20.
Mansyur, M. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah. Pustakaloka, 7(1), 43-54.
Merdansah, M. (2017). Akreditasi Perpustakaan Bentuk Penguatan Pondasi Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi. AL Maktabah, 1(1), 33-50.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Perpustakaan Nasional RI nomor 9 tahun 2018 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah.
Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124-133.
Saputra, T. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Hotel Permai Pekanbaru. Jurnal Benefita, 4(2), 316-325.
Saufa, A. F. (2017). Evaluasi Sistem Temu Kembali Informasi OPAC Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), 140-151.
Sularsih, S. (2012). Pedoman Akreditasi Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Qolyubi, S. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, H. B., Budiningsih, I., & Penjaitan, K. (2012). Model Pembelajaran (cetakan ke 2). Gorontalo: BMT Nurul Jannah.
Wahyudi, W. D., & Tupti, Z. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 31-44.
Published
2020-12-22
How to Cite
Ahmad, A., Fauziah, M., & murtopo, bahrun. (2020). EVALUASI AKREDITASI DI PERPUSTAKAAN CANDAKARANA SMA NEGERI 2 KEBUMEN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 28-36. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i2.354
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>