EVALUASI AKREDITASI DI PERPUSTAKAAN CANDAKARANA SMA NEGERI 2 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis evaluasi akreditasi di perpustakaan Candakarana SMA Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di perpustakaan Candakarana SMAN 2 Kebumen. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, sedangkan analisis data menggunakan cara penyeleksian dan penyusunan data yang diperoleh. Lalu, data tersebut diolah dan dianalisis untuk dibuat kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu sistem evaluasi dilakukan melalui pengontrolan perkembangan akreditasi setiap akhir pekan melalui dua tahap (pra akreditasi dengan mengecek kesiapan dokumen akreditasi dan pasca akreditasi dengan memberikan reward kepada tim akreditasi), serta adanya hambatan internal dan hambatan eksternal sekolah.
Kata Kunci: evaluasi, perpustakaan, akreditasi, sekolah menengah atas
References
Dari data hasil dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa sistem evaluasi dilakukan dengan mengontrol perkembangan akreditasi setiap akhir pekan, evaluasi dilakukan dengan dua tahap, yaitu pra akreditasi (mengecek kesiapan dokumen akreditasi) dan evaluasi pasca akreditasi (memberikan reward kepada tim akreditasi berupa tambahan anggaran perpustakaan dan juga kesempatan untuk pengembangan SDM perpustakaan), serta adanya hambatan internal (adanya data-data atau dokumen lama yang terselip dan kegiatan yang tidak terdokumentasikan) dan hambatan eksternal (kurangnya sosialisasi instrumen akreditasi dari tim pembina perpustakaan Kabupaten Kebumen, dan kurangnya komunikasi sebelum pelaksanaan).
DAFTAR PUSTAKA
Aidi, S. (2020). Evaluasi Program dan Hambatan pelaksanaan Hand Hygiene di RS “X” BALI. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 6(1), 31-41.
Budiningsih, I. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Islam As Syafi’Iyah (UIA). Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 1-14.
Darmono. (2004). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Fahmi, A. (2020). Manajemen Perpustakaan dan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 3(1), 22-29.
Gusvita, M., Sulaiman, S., & Taridi, M. (2019). Pengawasan Pimpinan dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang Hari (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).
Mania, S., & Hasaruddin, H. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Character Building Training di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1-20.
Mansyur, M. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah. Pustakaloka, 7(1), 43-54.
Merdansah, M. (2017). Akreditasi Perpustakaan Bentuk Penguatan Pondasi Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi. AL Maktabah, 1(1), 33-50.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Perpustakaan Nasional RI nomor 9 tahun 2018 tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah.
Rizal, S. M., & Radiman, R. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117-128.
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124-133.
Saputra, T. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Hotel Permai Pekanbaru. Jurnal Benefita, 4(2), 316-325.
Saufa, A. F. (2017). Evaluasi Sistem Temu Kembali Informasi OPAC Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), 140-151.
Sularsih, S. (2012). Pedoman Akreditasi Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Qolyubi, S. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, H. B., Budiningsih, I., & Penjaitan, K. (2012). Model Pembelajaran (cetakan ke 2). Gorontalo: BMT Nurul Jannah.
Wahyudi, W. D., & Tupti, Z. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 31-44.
Copyright (c) 2020 Ahmad Ahmad, Muna Fauziah, bahrun ali murtopo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).