Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Publik dalam Public Speaking dari Sisi Psikologis dan Praktis

  • Syifa Hamama IAINU KEBUMEN
Keywords: Kecemasan, Public Speaking, Psikologis

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang efektif dalam mengurangi kecemasan individu saat berbicara di depan umum atau public speaking. Kecemasan dalam konteks ini merupakan tantangan psikologis yang dapat mempengaruhi performa dan kesejahteraan mental. Di sisi lain, terdapat strategi psikologis, termasuk pemahaman diri dan regulasi emosi, serta strategi praktis seperti persiapan matang, latihan berulang, penggunaan teknik relaksasi, dan fokus pada audiens atau pesan. Kombinasi strategi psikologis dan praktis menghasilkan dampak positif dalam mengurangi tingkat kecemasan secara holistik. Implikasi praktis melibatkan pengembangan program pelatihan dan intervensi psikologis untuk meningkatkan keterampilan public speaking. Tulisan ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana mengelola kecemasan dalam public speaking, menciptakan landasan untuk pengembangan strategi yang dapat diadopsi oleh individu dan pelatih public speaking dalam upaya meningkatkan kualitas komunikasi di depan umum.

References

1. Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.
2. Haber, A. & Runyon, R.P. (1984). Psychology of adjustment. Homewood, Illinois: The Dorsey Press.
3. Juntilla, N., Laakonen, E., Niemi, dan Ranta, K. (2011). Modeling the Interrelations of Adolescent, Loneliness, Social Anxiety and Social Phobia. Center for Learning Research, University of Turku.
4. Prawoto, Y. (2010). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Sosial pada Remaja Kelas XI SMA Kristen 2 Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
5. Rahmawati, S., Yusainy, C., Nurwanti, R. (2014). Selfie: Peranan Jenis Komentar Terhadap Hubungan Antara Kecemasan Sosial dan Perilaku Agresif Pelaku Selfie. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya.
6. Sarafino, E. 2002. Health psychology. England: John Willey and Sons
7. Yani, A. S. 1997. Analisis konsep koping: Suatu pengantar. Jurnal Keperawatan Indonesia: Jakarta.
Published
2024-02-05
How to Cite
Hamama, S. (2024). Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Publik dalam Public Speaking dari Sisi Psikologis dan Praktis. Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 76-83. https://doi.org/10.33507/selasar.v3i1.1883
Section
Articles