IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MASTER OF CEREMONY (MC)

  • Syifa Hamama IAINU Kebumen
  • Rose Kusumaningratri IAINU Kebumen
  • Afrida Zulfiyani IAINU Kebumen
Keywords: Keterampilan Dasar ,Publik Speaking, Teknik MC

Abstract

Abstract. The ability of an MC (Master Of Ceremony) in hosting an event will determine the success of organizing an event. An MC is not only required to have good public speaking skills but also to be smart, assertive, able to make decisions and look good. An MC must have the ability to build a solemn, respectful and official atmosphere in formal events. The MC's job is to ensure that the event runs smoothly, on time, lively, memorable, and according to the schedule or event rundown. For this reason, basic skills that must be owned and learned by an MC are needed including vocal, verbal and visual.

 

Abstrak. Kemampuan seorang MC (Master Of Ceremony) dalam membawakan acara akan menentukan keberhasilan penyelenggaraan sebuah acara. Seorang MC tidak hanya diharuskan memiliki kemampuan publik speaking yang baik namun juga mampu bersikap cerdas, tegas, mampu mengambil keputusan serta berpenampilan baik. Seorang MC harus memiliki kemampuan membangun suasana khidmad, hormat dan resmi dalam acara formal. Tugas MC memastikan acara berlangsung lancar, tepat waktu, meriah, berkesan, dan sesuai dengan susunan atau rundown acara. Untuk itu dibutuhkan keterampilan dasar yang harus dimiliki dan dipelajari oleh seorang MC diantaranya vocal, verbal dan visual.

References

Arya Budiman, 2016. Panduan Menjadi MC Humoris yang Memukau dan Menghibur Audience. Yogyakarta: Araska.

Aryati Lies, 2007. Panduan Untuk Menjadi MC Profesional, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jalaludin, Rakhmat, 2007. Retorika Modern Pendekatan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyanto, Asul, dan Prima K. Astuti, 2002. Terampil Membawa Acara. Jakarta: PT.Grasindo,

Published
2022-12-22
How to Cite
Hamama, S., Kusumaningratri, R., & Zulfiyani, A. (2022). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MASTER OF CEREMONY (MC). Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 2(2), 67-75. https://doi.org/10.33507/selasar.v2i2.989
Section
Articles