PESAN DAKWAH MELALUI KONTEN TIKTOK

  • Eki Solikhatun Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Turhamun , Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: Pesan Dakwah, Konten Tiktok, Analisis Isi, Teungkusakhra

Abstract

Pesan Dakwah merupakan suatu hal yang disampaikan pendakwah kepada mad’u. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, saat ini penyampaian pesan dakwah dapat dilakukan melalui berbagai cara salah satunya dengan memanfaatkan teknologi, seperti melalui media sosial Tiktok. Media sosial Tiktok menjadi inovasi terbaru dalam dunia dakwah di era modern.Akun Tiktok @teungkusakhra.ay_ merupakan salah satu akun yang memposting video dakwah. Penyampaian materi dakwah tentang kehidupan sehari-hari dengan disertai daya beda penyampaian menggunakan kata mutiara dan didukung oleh fitur Tiktok berupa menduetkan video orang lain membuat dakwah yang dibawa Teungku Sakhra mudah diterima oleh khalayak. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis isi pesan dakwah pada akun Tiktok @teungkusakhra.ay_.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Dalam skripsi ini, penulis menggunakan Analisis Isi dan Teori imbauan pesan dari Jalaludin Rakhmat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model alur Miles dan Hubermen yaitu, kodifikasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil dari penelitian video dakwah pada akun Tiktok @teungkusakhra.ay_ sebanyak 25 video, terdapat beberapa pesan dakwah yang didominasi oleh pesan dakwah aqidah dengan jumlah 14 video. Klasifikasinya yaitu: 1) pesan dakwah akidah tentang keimanan seseorang berupa wujud mengimani enam rukun iman dan sikap mempercayai serta berpegang teguh pada ajaran agama Islam yang sumbernya dari Al-Qur’an dan Hadist. 2) pesan dakwah syariah tentang peraturan hukum Allah. 3) pesan dakwah akhlak ditemukan pesan tentang hubungan dengan sesama makluk yang memengaruhi dan mendorong seseorang dalam berperilaku.

Published
2022-06-04
Section
Articles