Strategi Komunikasi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan Daerah

  • Arif Widodo IAINU Kebumen
  • Febriany Febriany IAINU Kebumen
  • Irfaturahmah Irfaturahmah IAINU Kebumen

Abstract

Strategi komunikasi pemerintah yang tepat menjadi keniscayaan dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen. Terlebih menyusul OTT KPK pada 2016 saat Kebumen masuk deretan kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui strategi pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan daerah. Penelitian yang menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif ini mengungkap bahwa pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten memilih strategi komunikasi yang tepat dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen dengan memanfaatkan media sosial dan website yang dimiliki instansi atau lembaga terkait. Di era digital media, komunikasi pemerintah  memang tidak cukup hanya menyampaikan informasi saja, tetapi harus dikelola secara terintegrasi  dengan membangun sinergitas dan koordinasi antara K/L  (kantor/lembaga). Sinergitas ini terkait data dan informasi kebijakan serta program lintas sektor. Di samping itu menghapus sekat-sekat sektoral, sehingga dapat mendukung   conversation digital media  guna memenangkan pertempuran udara sekaligus menciptakan atmosfir yang kondusif terkait citra positif  kinerja pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan di Kebumen. Selain memperhatikan aktor, media dan efek yang timbul, strategi komunikasi yang digunakan tersebut  juga partisipatif dengan melibatkan masyarakat untuk dialog secara langsung. Antara lain dengan mendatangkan pejabat pusat untuk menyampaikan program penanggulangan kemiskinan di Kebumen secara langsung kepada masyarakat dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui bupati atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

References

Buku:

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Nugroho, Iwan & Dahuri, Rochmin. (2004). Pembangunan Wilayah Perspektif Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. LP3ES: Jakarta.

Soetomo. (2006). Strategi-strategi Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Usman, Sunyoto. (2006). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pusataka Pelajar: Yogyakarta.

Skripsi:

Larasati, Niken. (2017). Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Malang Dalam Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kota Malang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

Jurnal:

Ramadhani, Rizky Wulan. (2020). “Development Communication Strategy by Bojonegoro District Government on Applying Nawacita and Sustainable Development Goals”. Jurnal Komunikasi Pembangunan IPB. Vol. 18 No. 02

Internet: http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/19574 https://dpupr.kebumenkab.go.id/

https://setkab.go.id/paradigma-baru-komunikasi-pemerintah-di-era-digital/

Published
2021-10-21
How to Cite
Widodo, A., Febriany, F., & Irfaturahmah, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan Daerah. Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 83-96. https://doi.org/10.33507/selasar.v1i1.312
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)