REPRESENTASI IDENTITAS DIRI IBU KEKINIAN Analisis Semiotika Pierce pada Program Acara Mom Squad NET TV
Abstract
Televisi adalah salah satu media massa yang merepresentasikan realitas kehidupan. Namun, realitas kehidupan yang ditayangkan sebenarnya telah dikonstruksi. Meski begitu, apa yang ditayangkan televisi tetap memberikan pengaruh kepada pemirsanya, salah satunya dalam hal pembentukan identitas. Lebih lanjut, identitas yang dikomunikasikan kepada pemirsa ditampilkan melalui keseluruhan tayangan, baik audio maupun visualisasi. Analisis semiotika Peirce menguraikan konstruksi representasi identitas ibu kekinian yang ditampilkan oleh acara Mom Squad. Hasilnya adalah ibu yang kekinian adalah ibu yang mampu berperan ganda, baik dalam urusan domestik keluarga maupun urusan publik pekerjaan. Di sini ditegaskan menjadi ibu kekinian adalah ibu yang memiliki kekuatan dan kemampuan menangani segala sesuatunya dengan baik.
Kata kunci: konstruksi, identitas, komunikasi massa
References
Ardianto, Elvinaro; Komala, Lukiati, dan Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bakker, Chris. 2005. Cultural Studies Theory and Practice. Sage Publication.
Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.
Littlejohn, Stephen W. dan Foss, Karen A. 2017. Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba.
Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik antara Modern dan Posmodern. Yogyakarta: Jalasutra.
Sobur, Alex. 2015. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.