IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPANHIDUPDI MI MA’ARIF NU I KLAPAGADINGKECAMATAN WANGONKABUPATEN BANYUMAS

  • Qurotul Aini Farida Pascasarjana IAIN Puwokerto

Abstract

Life-skills education adalah model pendidikan yang membangun hard skills dan soft skills secara terintegrasi. Penguatan soft skill siswa akan menguatkan hard skillsnya demikian juga sebaliknya. Orang yang berkarakter adalah orang yang mampu menyeimbangkan soft skill dan hard skills dalam bersikap dan berperilaku dalam masyarakatnya.

Implementasi pendidikan kecakapan hidup kecakapan personal pada pembelajaran a.Penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. diantaranya : 1) Mengucapkan salam ketika berjumpa bapak/ibu guru dan teman 2) Berjabat tangan atau bersalaman ketika datang dan pulang sekolah 3) Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran 4) Membaca asmaul husna setiap hari 5) Hafalan Suratan Pendek (Juz Amma) dan Tahfidz 6) Hafalan Doa-doa harian dan Hadist beserta artinya 7) Sholat Dhuha 8) Sholat duhur berjamaah. b) Mandiri yaitu 1) Apel pagi dan 2)  Pondok Romadhon. Implementasi pendidikan kecakapan hidup kecakapan sosial a) Kecakapan berkomunikasi lisan atau tertulis. b) Kecakapan bekerjasama yaitu 1) Kepramukaan dan 2) tugas kelompok. Implementasi pendidikan kecakapan hidup kecakapan akademik yaitu Program pembelajaran efektif dan menyenangkan  dan Manajemen Pembelajaran Guru. Implementasi pendidikan kecakapan hidup kecakapan vokasional pada pembelajaran diantaranya Berwudhu, Mempelajari gerakan Salat, Memakai dan melepas pakaian sendiri, Menyapu lantai dan membereskan ruang kelas, Bermain peran, membaca puisi, Mengarang cerita pendek. dan Menanam sayuran seperti kangkung, bayem dan pokcai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-08
How to Cite
Farida, Q. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPANHIDUPDI MI MA’ARIF NU I KLAPAGADINGKECAMATAN WANGONKABUPATEN BANYUMAS. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(2), 132-142. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/133
Section
Articles