PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI WOTBUWONO

  • Kuni Fajriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen
  • Siti Fatimah IAINU Kebumen
  • Atim Rinawati IAINU Kebumen
Keywords: Kata Kunci: Pembelajara PAI, Media Audio Visual, Konsentrasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan konsentrasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI di kelas dua SD Negeri Wotbuwono. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan masinh-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua SD Negeri Wotbuwono. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas data dengan menggunakan triangulasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus I sebanyak 48% anak sudah berkonsnetrasi mengikuti pembelajaran PAI. Sedangkan pada siklus II sebanyak 82% anak sudah berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran PAI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi siswa pada pembelajaran PAI melalui penerapan media audio visual. 

Kata Kunci: Pembelajara PAI, Media Audio Visual, Konsentrasi Belajar

Published
2022-06-28
How to Cite
Fajriyah, K., Fatimah, S., & Rinawati, A. (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI WOTBUWONO. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 180-188. https://doi.org/10.33507/tarbi.v1i2.578
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>