Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII MTs Buluspesantren

  • Anisa Nofita Sari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Benny Kurniawan
  • Agus Nur Sholeh Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: Role, Teachers, Building Morals, Learners

Abstract

This research aims to find out how the role of Akidah teachers is

Morals in fostering the morals of students in class VII MTs Buluspesantren and

What are the supporting and inhibiting factors of teachers of Moral Beliefs in fostering

morals of students of grade VII MTs Buluspesantren. In this study

using a qualitative approach by studying phenomena as observers

in the moral development of grade VII students of MTs Buluspesantren. Researchers

acting as an observer in the moral development of class VII students in

MTs Buluspesantren. The instruments used in the research are

using data collection techniques, observations, interviews, documentation and

Data analysis techniques are data reduction, data presentation and then verification.

The results of the study found that the moral development of class students

VII is good, this can be seen from the students always guiding bicycles to

parking, congregational dhuha prayer, daily recitation of asmaul husna, yasin

every Friday,

dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas VII MTs Buluspesantren. Peneliti

berperan sebagai pengamat dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas VII di

MTs Buluspesantren. Instrumen yang penelitian yang digunakan adalah dengan

menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan

teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi.

Hasil penelitian ditemukan bahwa pembinaan akhlak peserta didik kelas

VII sudah baik hal ini terlihat dari peserta didik selalu menuntun sepeda sampai

parkiran, shalat dhuha berjamaah, pembacaan asmaul husna setiap hari, yasin

setiap hari jum‟at, shalat dhuhur berjamaah, sikap peserta didik kelas VII yang

terlihat menghormati guru, bersalaman kepada guru, menyapa guru ketika

bertemu dan menundukkan badan ketika berjalan lewat depan guru. Pembinaan

akhlak kepada peserta didik perlu ditingkatkan dengan langkah-langkah yang

lebih baik lagi. Sehingga, tidak hanya diterapkan dimadrasah. Tetapi diterapkan

oleh peserta dikehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan pergaulan setelah

mereka terjun ke masyarakat.

Author Biography

Benny Kurniawan

IAINU

Published
2022-06-27
How to Cite
Sari, A., Kurniawan, B., & Sholeh, A. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Kelas VII MTs Buluspesantren. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 147-155. https://doi.org/10.33507/tarbi.v1i2.449
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>