PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS BULUSPESANTREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Akidah
Akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas VII MTs Buluspesantren dan
apa faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam membina
akhlak peserta didik kelas VII MTs Buluspesantren. Pada penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan menelaah fenomena sebagai pengamat
dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas VII MTs Buluspesantren. Peneliti
berperan sebagai pengamat dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas VII di
MTs Buluspesantren. Instrumen yang penelitian yang digunakan adalah dengan
menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan
teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa pembinaan akhlak peserta didik kelas
VII sudah baik hal ini terlihat dari peserta didik selalu menuntun sepeda sampai
parkiran, shalat dhuha berjamaah, pembacaan asmaul husna setiap hari, yasin
setiap hari jum‟at, shalat dhuhur berjamaah, sikap peserta didik kelas VII yang
terlihat menghormati guru, bersalaman kepada guru, menyapa guru ketika
bertemu dan menundukkan badan ketika berjalan lewat depan guru. Pembinaan
akhlak kepada peserta didik perlu ditingkatkan dengan langkah-langkah yang
lebih baik lagi. Sehingga, tidak hanya diterapkan dimadrasah. Tetapi diterapkan
oleh peserta dikehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan pergaulan setelah
mereka terjun ke masyarakat.