SEKOLAH SEBAGAI AGEN BINA DAMAI MELALUI RUANG KELAS
Abstract
Selama ini sekolah ibarat gunung emas, yang menjulang tinggi dan menyilaukan.
Perasaan hebat dan berjasa menjadi nyanyian dunia pendidikan beserta para
pelakunya. Namun siapa sangka, bila sekolah menjadi salah satu perintis
kesenjangan sosial masyarakat yang terstruktur sebagaimana ungkapan Pierre
Bourdieu. Para peserta didik yang haus akan pengetahuan dan dalam proses
pencarian jatidiri pada akhirnya harus bertemu dengan sebuah konsep dan
prosedur yang melegitimasi kesenjangan melalui kekerasan simbolik baik
verbal maupun non verbal yang diterima di sekolah termasuk di dalam proses
pembelajaran . Kekerasan yang mungkin disadari atau tidak sadari para pegiat
pendidikan di dalamnya. Padahal fungsi sebuah pendidikan adalah untuk
memberikan pengasuhan yang menanamkan nilai-nilai luhur kemanusiaan
sebagai tugas Ke-Ilahian. Bahwa dengan pendidikan seseorang menjadi
lebih percaya diri dengan apa yang ada pada dirinya dan disyukuri dengan
meningkatkan kemampuan baiknya baik terhadap diri sendiri maupun orang
lain. Seorang manusia yang cerdas yang memiliki kepekaan terhadap diri
dan lingkungannnya. Sehingga mampu mengetahui permasalahan diri dan
lingkungannya dan mencoba mencari solusi yang bersifat damai, bahwa peace
is beautiful.
Kata Kunci: Sekolah, Pembelajaran, Agen Bina Damai
Copyright (c) 2017 Nurhidayah Nurhidayah, Fikria Najitama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).