PEMBIASAAN LITERASI NUMERASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI GIWANGRETNO

  • Dewi Oktaviana IAINU Kebumen
  • Bahrun Ali Murtopo IAINU Kebumen
  • Agus Salim Chamidi IAINU Kebumen
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Pembiasaan Literasi Numerasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasan literasi numerasi kelas V, hasil belajar matematika kelas V, dan mengetahui ada tidaknya hubungan antara pembiasaan literasi numerasi dan hasil belajar matematika kelas V MI Giwangretno Sruweng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 45 peserta didik sebagai sampel penelitian.  Hasil penelitian ini diperoleh dari data kuesioner literasi numerasi dan tes soal cerita matematika yang dibagikan kepada peserta didik kelas V. Pembiasaan literasi numerasi kelas V menunjukkan hasil pada taraf kriteria tinggi yaitu 91%. Hasil belajar metematika peserta didik kelas V dari hasil tes menunjukkan pada taraf kriteria baik yaitu 57,78%. Berdasarkan uji korelasi product moment diperoleh hasil rxy = 0,41 lebih besar dari r tabel = 0,2940 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiasaan literasi numerasi memiki hubungan dan mempengaruhi pada hasil belajar matematika peserta didik.

Published
2022-06-15
How to Cite
Oktaviana, D., Murtopo, B., & Chamidi, A. (2022). PEMBIASAAN LITERASI NUMERASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI GIWANGRETNO. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 9-19. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.472
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>