Tradisi Kuda Lumping Guna Menciptakan Kerukunan Antar Masyarakat Di Desa Kulu Kajen Pekalongan

  • Duratul Mufidah Sutama UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Eka Amalia Khasanah
Keywords: Tradisi, Kuda Lumping, Kerukunan

Abstract

Tradisi kuda lumping merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tradisi ini tidak hanya sekadar sebuah kesenian, tetapi juga memiliki nilai-nilai yang positif, salah satunya adalah nilai kerukunan. Kerukunan dalam keberagaman dan moderasi beragama juga membawa desa kulu kajen pekalongam tersebut memiliki sikap toleransi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang dapat dijadikan pegangan dalam rangka Tradisi Kuda Lumping Guna Menciptakan Kerukunan Antar Masyarakat di Desa Kulu Kajen Pekalongan yang memiliki semangat yang tinggi dalam melestarikan tradisi. Artikel ini akan komprehensif dan spesifik mengenai bagaimana pengaruh warga tentang Tradisi Kuda Lumping Guna Menciptakan Kerukunan Antar Masyarakat di Desa Kulu Kajen Pekalongan. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara.

References

Firdhani, A. M., & Hardiarini, C. (2022). Kesenian Kuda Lumping: Tinjauan Studi Multiperspektif. Indonesian Journal Of Performing Arts Education, 2(1).

Prabowo, F. I. U. (2015). Pelestarian Kesenian Kuda Lumping oleh Paguyuban Sumber Sari di Desa Pandansari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. ejournal.umpwr.ac.id, 06(01).

Laraswati, N. L., dkk. (2023). Analisis Nilai-Nilai Dalam Kesenian Tradisional Kuda Lumping Di Desa Rasau Jaya Tiga Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 09(21). Pontianak.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musthofa, B. (2008). Metode Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Optimis.

R, R. (2013). Tradisi tahlilan dan yasinan. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 11(1).

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Tasikmalaya: Jurnal Keperawatan Indonesia UPI Kampus Tasikmalaya, 11(1).

Suryana, T. (2011). Konsep dan aktualisasi kerukunan antar umat beragama. Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(2).

Published
2023-12-19
How to Cite
Sutama, D., & Khasanah, E. (2023). Tradisi Kuda Lumping Guna Menciptakan Kerukunan Antar Masyarakat Di Desa Kulu Kajen Pekalongan. Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(2), 127-135. https://doi.org/10.33507/selasar.v3i2.1829
Section
Articles