Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Peran pendidikan agama bagi generasi muda menjadi sangat penting dalam menginternalisasikan nilai-nilai spiritual keagamaan (religius). Namun perlu dipertanyakan apakah para pendidik yang berperan dalam menginternalisasikan nilai-nilai religius pada pembelajarannya telah memiliki keahlian dalam bidangnya. Dalam hal ini proses pembelajaran adalah sesuatu yang urgen dalam capaian internalisasi nilai-nilai religius. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana capaian dari internalisasi nilai- nilai religius pada pembelajaran PAI. Internalisasi nilai-nilai religius di sekolah merupakan usaha bersama sekolah yang dilakukan bersama oleh pimpinan sekolah, staf serta semua pendidik. Nilai-nilai tersebut terintegrasi dalam struktur kurikulum sehingga mampu menghasilkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang direncanakan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang capaian dari internalisasi nilai-nilai religius pada pembelajaran PAI.Hasil penelitian menunjukkan capaian dari internalisasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI adalah peserta didik memiliki pengetahuan, perasaan dan berperilaku religius sesuai muatan materi pembelajaran. Adapun capaian dari internalisasi nilai religius dalam program pengembangan diri dan budaya pada peserta didik di sekolah pada peserta didik Muslim melalui kegiatan rutin, spontan dan pengkondisian adalah peserta didik melaksanakan perilaku religius sesuai perilaku religius yang ditanamkan kepada mereka, yang semua bermuara pada akhlak mulia.