STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH REMBUL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH REMBUL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

  • ain bahtiar uin gusdur

Abstract

Pendidikan karakter kepada siswa merupakan hal yang sangat penting dilakukan secara terus menerus. Hal ini dilakukan karena perkembangan zaman yang semakin canggih dan pengaruh teknologi yang semakin merajalela terutama kepada para remaja yang masih memiliki pikiran yang labi yang perlu bimbingan dari orang tua, guru dan orang disekitarnya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama: karakter siswa MTs Darul Falah Rembul dikategorikan cukup baik. Karakter atau sikap tersebut seperti senang sholat berjama’ah, sholat dhuha, tadarus al-Qur’an, sopan santun kepada guru dan kakak kelas dan suka tolong menolong, jujur, dan senang berbagi kepada teman serta berbelas kasihan dengan sesama baik disaat pembelajaran daring maupun sebelum pembelajaran dari rumah. Kedua: strategi guru akidah akhlak dalam pendidikan karakter siswa meliputi: Mujahadah/pelatihan, Pembiasaan dan pemberian asensif, keteladanan guru dan pendidikan karakter yang dimasukan dalam proses pembelajaran. Ketiga: faktor pendukung pendidikan karakter meliputi: faktor keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan madrasah, sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter meliputi faktor internal: pembawaan anak sejak kecil yang dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua dan faktor eksternal: pengaruh era globalisasi berupa media elektronik serta media sosial yang bisa berdampak negatif terhadap siswa dalam mempengaruhi pendidikan karakter siswa.

Published
2024-06-29
How to Cite
bahtiar, ain. (2024). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH REMBUL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1), 49-69. https://doi.org/10.33507/pai.v3i1.1801
Section
Articles