Pelayanan Pendidikan yang Prima Melalui Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle untuk Mewujudkan Sekolah Efekitf pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kebumen

  • Martiyono , martiyono@gmail.com
  • Maesaroh , Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • HM. Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Sri Handajani Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan pendidikan yang prima melalui Learning Management System (LMS) berbasis Moodle di SMP Negeri 1 Kebumen dan (2) mengetahui dampak dan hasilnya untuk mewujudkan sekolah efektif pada masa pandemi Covid-19.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah narasumber, yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa serta dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik pengumpulan dan sumber data.

Pelayanan pendidikan yang prima melalui Learning Management System (LMS) berbasis Moodle di SMP Negeri 1 Kebumen dengan langkah (1) perencanaan, dengan pembentukan tim kerja, penyiapan Prosedur Operasi Standar (POS), penyiapan sarana dan prasarana, dan penyiapan instrumen pengembangan, (2) sosialisasi dan penguatan kapasitas kepada guru dan tata usaha, peserta didik, komite sekolah dan walimurid, (3) uji coba pelaksanaan, (4) pelaksanaan, serta (5) monitoring, evaluasi dan tindak lanjut. Penerapan Learning Management System (LMS) Moodle di SMP Negeri 1 Kebumen dapat mewujudkan sekolah yang efektif, yang ditandai dengan (1) efisiensi pemanfaatan input, (2) efektivitas pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan pendidikan, baik perencanaan, sosialisasi, uji coba, pelaksanaan, maupun monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut), (3) produktivitas output, yaitu pembelajaran dan pengelolaan pendidikan yang akuntabel, dan (4) relevansi outcome, yaitu keterlaksanaan, keterlibatan, dan kepuasan siswa dalam Belajar Dari Rumah (BDR).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-28
How to Cite
, M., , M., Wasliman, H., & Handajani, S. (2022). Pelayanan Pendidikan yang Prima Melalui Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle untuk Mewujudkan Sekolah Efekitf pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kebumen. Cakrawala: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(1), 85-112. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i1.611
Section
Articles