METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS X MIPA MA MA’ARIF NU PITURUH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalama pembelajaran mufrodat melalui metode sorogan kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,observasi dan interview. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian terlihat bahwa metode sorogan di Kelas X MIPA MA Maarif NU Pituruh mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat secara signifikan. Hal ini bisa dilihat dari hasil pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil pra tindakan terlihat bahwa sebanyak 67% belum mencapai ketuntasan dan hanya 33% telah mencapai tuntas. Pada siklus I terlihat adanya peningkatan presentase ketuntasan yaitu sebanyak 53%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 87%.