MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN

  • Solikhudin , SMK Ma’arif 4 Kebumen
Keywords: Manajemen, Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan, dan Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya sistem penjaminan mutu internal pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sistem penjaminan mutu internal pendidikan di SMK N 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berfokus pada fenomena empirik secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika  berpikir  ilmiah.  Adapun  teknik  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan.

Ada empat temuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Perencanaan Penjaminan Mutu Internal di SMK N 2 Kebumen dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (a) penetapan standar mutu, yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan, (b) pemetaan mutu, yang didasarkan pada hasil  Evaluasi Diri Sekolah, dan (c) penyusunan rencana pemenuhan mutu, yang dilakukan dengan persiapan sebelum penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kerja Tahunan; (2) Pelaksanaan Pemenuhan Mutu di SMK N 2 Kebumen dilakukan dengan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan. Seluruh komponen sekolah memiliki komitmen tinggi dalam pelaksanaan pemenuhan mutu; (3) Evaluasi Pemenuhan Mutu di SMK N 2 Kebumen dilakukan melalui Evaluasi Diri Sekolah. Diawali dengan menyusun instrumen evaluasi kemudian membentuk tim pelaksana evaluasi. Evaluasi tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi bukti-bukti fisik keadaan sekolah; (4) Tindak Lanjut Pemenuhan Mutu di SMK N 2 Kebumen dilakukan dengan merumuskan rekomendasi perbaikan. Terdapat dua jenis tindakan yang dilakukan berdasarkan hasil yang dicapainya, yaitu: (a) Corrective Action dan (b) Standardization Action. Tindak lanjut pemenuhan mutu di SMK N 2 Kebumen merupakan suatu siklus yang berkelanjutan (Continuous Process Improvement).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
, S. (2019). MANAJEMEN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 115-139. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/140
Section
Articles