ANALISIS KEBUTUHAN (NEED ASSESSMENT) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali sejauhmana kebutuhan
pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru di Kabupaten
Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode
pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penentuan sampel
digunakan metode purposive. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat
kesimpulan yang mendorong perlunya pengembanagn instrumen, yaitu (1)
Ditemukannya dua permasalahan besar yaitu belum mampunya sebagain guru
untuk menjadi role model bagi murid, serta komitmen guru dalam menjalankan
tugas profesionalnya dinilai masih lemah. (2) Pengembangan instrumen penilaian
kompetensi kepribadian guru sangat mendesak untuk dilaksanakan (3) Sekolah
belum dapat melakukan penilaian kompetensi kepribadian guru yang sistamatis
dan terukur karena belum adanya instrumen penilaian yang direkomendasikan
oleh pemerintah. (4) Terdapat tiga komponen yang menjadi rekomendasi sebagai
indikator yang dinilai melalui instrumen tersebut, yaitu komitmen guru dalam
menjalani profesi, norma kesopanan, serta motivasi guru untuk membebaskan
siswa dari kebodohan. Pendekatan profetik sangat direkomendasikan sebagai
dasar dalam penyusunan instrumen kompetensi kepribadian guru.
Kata Kunci: Analisis kebutuhan, instrumen penilaian, kompetensi kepribadian
guru
Copyright (c) 2017 Atim Rinawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).