KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK TELAAH PEMIKIRAN IKHWAN AS-SHAFA
Abstract
Menengok dunia Islam, dimana Islam didaulat dalam perannya sebagai jembatan peradaban Yunani dengan Eropa pada abad pertengahan, prinsip-prinsip pendidikan holistik sebagaimana dipaparkan di muka ternyata sebenarnya telah di gagas jauh lebih awal oleh tokoh pemikir Islam, yaitu Ikhwan as-Shafa pada abad 10 M. Ikhwan as-Shafa adalah organisasi rahasia dan misterius yang terdiri dari para filsuf Arab Muslim yang berpusat di Basrah, Irak saat itu merupakan ibu kota kekhalifahan Abassiyah di sekitar abad ke-10 Masehi (373H/983). Kelompok yang lahir di Bashrah ini terkenal dengan risalahnya, yang memuat doktrin-doktrin spiritual dan sistem filsafat mereka. Melalui magnum opus-nya Rasail Ikhwan as-Shafa dapat diperoleh informasi tentang jejak-jejak ajaran mereka, baik tentang ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama.
References
---------------------------, Kearifan Tradisional: Agama bagi Manusia atau Tuhan, Yogyakarta: UII Press, 2000.
Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Grafindo, 2004.
------------------, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media, 2005.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Furqon Syarief Hidayatulloh, Relevansi Pemikiran Ikhwan As-Shafa Bagi Pengembangan Dunia Pendidikan, Jurnal TA’DIB, Vol. XVIII, No. 01, Edisi Juni 2013.
Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al Husna Baru, 2003.
Heri Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Husain Heriyanto, Paradigma Holistik: Dialog Filsafat, Sains, dan Kehidupan Menurut Shadra dan Whitehead, Bandung: Mizan Media Utama, 2003.
Johan Meuleman, Tradisi, Kemoderenan dan Metamodernisme, Yogyakarta: Lkis, 1996.
Kaelan, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Filsafat, Yogyakarta: Paradigma, 2006.
Kuntjara, Esther, Penelitian Kebudayaan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Muhamad Jawad Ridlo, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Jogjakarta. PT. Tiara Wacana, 2002.
Muhsin Labib, Para Filosof, Jakarta: Penerbit Al Huda, 2009.
Muniron, Epistemologi Ikhwan As-Shafa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Mustika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Nasional, 2004.
M. Latifah, Pendidikan Holistik, Bogor: Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Institut Pertanian Bogor, 2008.
Noah Webster, Webster`s New Twentieth Century Dictionary.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara, 1994.
Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terjemahan Hasan Langgulung dari Falsafah al- Tarbiyah al- Islamiyyah, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Ramayulis, dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Ciputat: Quantum Teaching, 2005.
Ratna Megawangi, Pendidikan Holistik, Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation, 2005.
Robert Bogdan dan Stevan J. Taylor, Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences, New York: A Wiley Interscience Publication, 1975.
Sirous Mahmoudi,dkk, Holistic Education: An Approach for 21 Century, Isfahan: International Education Studies University of Isfahan, 2012.
Sudirman, Ilmu Pedidikan, Bandung: CV. Remaja Karya, 1987.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D; Cet.18, Bandung: Alfabeta, 2013.
Suharsimi Arikumto, Prosedur Penelitian dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Syaifuddin Sabda, “Paradigma Pendidikan Holistik (Sebuah Solusi atas Permasalahan Paradigma Pendidikan Modern)”,dalam http://www.tarbiyah-iainantasari.ac.id/artikel_detail.cfm , 27 Februari 2010.
Umar Bukhori, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Copyright (c) 2020 Benny Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).