KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK TELAAH PEMIKIRAN IKHWAN AS-SHAFA

  • Benny Kurniawan IAINU Kebumen
Keywords: Kurikulum, pendidikan Islam, Ikhwan as-shafa

Abstract

Menengok dunia Islam, dimana Islam didaulat dalam perannya sebagai jembatan peradaban Yunani dengan Eropa pada abad pertengahan, prinsip-prinsip pendidikan holistik sebagaimana dipaparkan di muka ternyata sebenarnya telah di gagas  jauh lebih awal oleh tokoh pemikir Islam, yaitu Ikhwan as-Shafa pada abad 10 M. Ikhwan as-Shafa adalah organisasi rahasia dan misterius yang terdiri dari para filsuf Arab Muslim yang berpusat di Basrah, Irak saat itu merupakan ibu kota kekhalifahan Abassiyah di sekitar abad ke-10 Masehi (373H/983). Kelompok yang lahir di Bashrah ini terkenal dengan risalahnya, yang memuat doktrin-doktrin spiritual dan sistem filsafat mereka. Melalui magnum opus-nya Rasail Ikhwan as-Shafa dapat diperoleh informasi tentang jejak-jejak ajaran mereka, baik tentang ilmu pengetahuan, filsafat, dan agama.

References

Abdul Munir Mulkhan, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2002.
---------------------------, Kearifan Tradisional: Agama bagi Manusia atau Tuhan, Yogyakarta: UII Press, 2000.
Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Grafindo, 2004.
------------------, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media, 2005.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Furqon Syarief Hidayatulloh, Relevansi Pemikiran Ikhwan As-Shafa Bagi Pengembangan Dunia Pendidikan, Jurnal TA’DIB, Vol. XVIII, No. 01, Edisi Juni 2013.
Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al Husna Baru, 2003.
Heri Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Husain Heriyanto, Paradigma Holistik: Dialog Filsafat, Sains, dan Kehidupan Menurut Shadra dan Whitehead, Bandung: Mizan Media Utama, 2003.
Johan Meuleman, Tradisi, Kemoderenan dan Metamodernisme, Yogyakarta: Lkis, 1996.
Kaelan, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Filsafat, Yogyakarta: Paradigma, 2006.
Kuntjara, Esther, Penelitian Kebudayaan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Muhamad Jawad Ridlo, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam, Jogjakarta. PT. Tiara Wacana, 2002.
Muhsin Labib, Para Filosof, Jakarta: Penerbit Al Huda, 2009.
Muniron, Epistemologi Ikhwan As-Shafa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Mustika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Nasional, 2004.
M. Latifah, Pendidikan Holistik, Bogor: Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Institut Pertanian Bogor, 2008.
Noah Webster, Webster`s New Twentieth Century Dictionary.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara, 1994.
Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terjemahan Hasan Langgulung dari Falsafah al- Tarbiyah al- Islamiyyah, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Ramayulis, dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Ciputat: Quantum Teaching, 2005.
Ratna Megawangi, Pendidikan Holistik, Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation, 2005.
Robert Bogdan dan Stevan J. Taylor, Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences, New York: A Wiley Interscience Publication, 1975.
Sirous Mahmoudi,dkk, Holistic Education: An Approach for 21 Century, Isfahan: International Education Studies University of Isfahan, 2012.
Sudirman, Ilmu Pedidikan, Bandung: CV. Remaja Karya, 1987.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D; Cet.18, Bandung: Alfabeta, 2013.
Suharsimi Arikumto, Prosedur Penelitian dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Syaifuddin Sabda, “Paradigma Pendidikan Holistik (Sebuah Solusi atas Permasalahan Paradigma Pendidikan Modern)”,dalam http://www.tarbiyah-iainantasari.ac.id/artikel_detail.cfm , 27 Februari 2010.
Umar Bukhori, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Published
2020-12-05
How to Cite
Kurniawan, B. (2020). KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM HOLISTIK TELAAH PEMIKIRAN IKHWAN AS-SHAFA. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(2), 1-15. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i2.325
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)