KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DALAM KONTEKS OTONOMI DAERAH

  • Ujang Cepi Barlian Pascasarjana IAINU Kebumen
Keywords: Pengelolaan Dana, Pendidikan, Otonomi Daerah

Abstract

Kesadaran tentang pentingnya pendidikan yang bermutu dapat memberikan harapan
dan kemungkinan yang lebih baik di masa mendatang. Hal ini telah mendorong
berbagai upaya dan perhatian seluruh lapisan masyarakat untuk bisa meningkatkan
kualitas pendidikan. Sekolah sebagai institusi (lembaga) pendidikan, merupakan
wadah tempat proses pendidikan dilakukan, memiliki sistem yang kompleks dan
dinamis. Dalam kegiatannya, sekolah adalah tempat yang bukan hanya sekadar tempat
berkumpul guru dan murid, melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumit
dan saling berkaitan. Oleh karena itu, sekolah dipandang sebagai suatu organisasi
yang membutuhkan pengelolaan, termasuk didalamnya pengelolaan dana. Otonomi
daerah dan desentralisasi pendidikan menuntut pemerataan pelayanan pendidikan
yang berkeadilan, antara lain mengenai pengelolaan dana pendidikan yang adil dan
transparan. Ini perlu ditekankan dan diprioritaskan, karena dana merupakan salah
satu faktor penentu kualitas pendidikan yang secara langsung berkaitan dengan
tujuan pendidikan.

Published
2016-12-10
How to Cite
Barlian, U. (2016). KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DALAM KONTEKS OTONOMI DAERAH. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 69-86. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.18
Section
Articles