NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN SAINS DALAM FILM ANIMASI “RIKO THE SERIES” SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK PENGETAHUAN DAN KARAKTER RELIGIUS ANAK US

  • Naili Wirdatul Muna IAIN Pekalongan
  • Sugeng Solehuddin
  • Umi Mahmudah

Abstract

Saat ini guru dan buku tidak lagi menjadi satu satunya sumber pengetahuan, banyak sumber pengetauan yang dapat diperoleh dari lingkunga. Film merupakan salah satu media dalam penyampaian informasi pesan dan gagasan. Tidak semua film mangandung edukasi yang baik sehingga penting bagi orangtua untuk memilih tontonan bagi anak yang mengandung unsur edukasi untuk mendorong tumbuhnya karkter religius yang baik dan pengetahuannya terkhusus bagi anak usia SD.

  Dari latar belakang tersebut muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apa saja nilai pendidikan karakter religius dalam animasi “ Riko the series”? (2) Apa saja nilai sains yang ada dalam animasi “ Riko the series”? (3) Bagaimana nilai pendidikan agama dan sains dalam animasi “Riko the series” membentuk pengetahuan dan karakter religius anak usia SD? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendididkan karakter religius dan sains dalam film Riko the series serta bagaimana film animasi Riko the series dapat membentuk pengetahuan dan karakter religius anak usia SD.

            Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah penekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah 10 episeode film Animasi Riko The Series Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen atau buku yang mampu menjelaskan tujuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis modus semiotik

Published
2022-06-30
How to Cite
Muna, N., Solehuddin, S., & Mahmudah, U. (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN SAINS DALAM FILM ANIMASI “RIKO THE SERIES” SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK PENGETAHUAN DAN KARAKTER RELIGIUS ANAK US. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 40-56. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i1.549
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)