MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 04 BANJARNEGARA

  • Asih Suprapti MIN 04 Banjarnegara

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya permasalahan karakter peserta didik yang masih
belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan peserta didik yang
berakhlakul karimah di MIN 04 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan lima kesimpulan: (1) Perencanaan
pendidikan karakter dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai dan moralitas kepada peserta
didik. Nilai-nilai dan moralitas tersebut disesuaikan dengan visi, misi madrasah. Nilai-nilai
karakter yang ditanamkan antara lain: relegius, kejujuran, kerja keras, cerdas, dan peduli. (2)
Pengorganisasian pendidikan karakter telah berjalan dengan baik, dimana para guru sebagai
model teladan bagi peserta didik di madrasah. Nilai-nilai dan moralitas tersebut dilaksanakan
secara bermacam-macam sesuai dengan gaya guru masing-masing. (3) Pengarahan
pendidikan karakter dilakukan meliputi kegiatan meningkatkan hubungan pendidik dengan
peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat,
dan memberikan motivasi kepada peserta didik. (4) Pengendalian pendidikan karakter
dilakukan dengan memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk pengembangan nilai
dan leterasi moral. Keterampilan tersebut antara lain yaitu: keterampilan berpikir kritis,
keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkom

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-07
How to Cite
Suprapti, A. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 04 BANJARNEGARA. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 156-170. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.317
Section
Articles