MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MADRASAH

  • Tahrir Rosadi IAINU Kebumen

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan pentingnya pelaksanaan manajemen mutu pendidikan dalam suatu madrasah. Fokus penelitian ini pada pelaksanaan manajemen mutu delapan standar nasional pendidikan. Sehubungan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut manajemen mutu pendidikan dalam upaya meningkatkan kemandirian madrasah di. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen mutu pendidikan sudah dilakukan dengan baik. Perencanaan diawali dengan rapat bersama untuk menentukan tujuan yang akan dicapai melalui realisasi program. (2) Pelaksanaan manajemen mutu pendidikan di sudah dilakukan dengan baik. Dalam pelaksanaan, kepala madrasah mampu menggerakan pendidik untuk menjalankan pogram sesuai rencana. (3) Evaluasi manajemen mutu pendidikan sudah dilakukan dengan baik. Kepala madrasah menjamin terlaksananya manajemen mutu pendidikan melalui supervisi dan rapat evaluasi pelaksanaan untuk mencari kekurangannya. (4) Tindak lanjut manajemen mutu pendidikan sudah dilakukan dengan baik. Kepala madrasah menggunakan dasar tahapan evaluasi untuk menentukan langkah tindak lanjut yang akan dilakukan.

 Kata kunci :  Manajemen, Mutu, Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-07
How to Cite
Rosadi, T. (2021). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MADRASAH. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(1), 86-106. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i1.287
Section
Articles