INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Inovasi pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang selalu
menghadirkan sesuatu yang baru sehingga mampu menghilangkan rasa jenuh dan
bosan. Pembelajaran inovatif selalu menhadirkan sesuatu yang baru dalam setiap
elemen-elemen pendidikan mulai dari aspek strategi guru, bahan perangkat dan
beberapa elemen penting lainya. Proses pembelajaran di sekolah, Universitas
merupakan inti dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya.
Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalamanbelajar
untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran inovatif adalah
pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih
memberikan peluang kepada siswa/mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuan
secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated
instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik.
Pendidikan karakter (character education) saat ini menjadi perhatian yang begitu
penting dalam sistem pendidikan di Indonesia.Hal ini sesuai dengan Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, yang menyebutkan
bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Penulisan ini mempunyai tujuan : (1) menjelaskan tentang pembelajaran menjelaskan
penanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasi pembelajaran konstektual, (2)
menjelaskan konsep penanaman pendidikan karakter melalui inovasi pembelajaran
kuantum (3) menjelaskan penanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasi
pembelajaran berbasis kompetensi (4) menjelaskan konsep pembelajaran di era
industry 4.0