ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN 2 KALENG TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Oky Ristya Trisnawati IAINU Kebumen

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan suatu kegiatan belajar mengajar yang menekankan pada proses penyelidikan fenomena alam untuk mengembangkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan adalah keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses dasar sains yang dimiliki siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng Tahun Ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian ini berupa deskriptif sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng yang berjumlah 19 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses dasar sains siswa pada mata pelajaran IPA. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan data-data yang ada berupa data kuantiitatif dari lembar observasi dan data kualitatif dari hasil wawancara dengan guru yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan proses sains dasar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kaleng dalam pembelajaran IPA tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup yang dilaksanakan menggunakan metode diskusi termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase 83%. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa mampu untuk memunculkan dan menggunakan keterampilan proses dasar sains yang terdiri dari keterampilan memprediksi, mengamati, mengelompokkan, mengkomunikasikan dan menyimpulkan dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
Trisnawati, O. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN 2 KALENG TAHUN AJARAN 2017/2018. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(2), 75-85. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/89
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>