Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas V MI Islamiyah Brokoh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang  tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 22 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan penelitian hasil belajar  menentukan volume bangun ruang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif kualitatif.


            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar  menentukan volume bangun ruang.  pada pra-siklus I dalam kategori tuntas adalah  59,09 % jumlah siswa yang tuntas adalah 13  siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 100 %, sedangkan siswa yang tuntas 22 siswa.


            Hasil penelitian ini menyarankan bagi siswa untuk lebih aktif sehingga pembelajaran menyenangkan dan bermakna dapat tercapai. Saran bagi guru sebaikanya menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatakan hasil belajar materi  menentukan volume bangun ruang.  agar dapat mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh.