PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DIKAITKAN DENGAN MOBILITAS SOSIAL

  • maya muizatil lutfillah Universitas Negeri Jakarta
  • Zulhendri Zulhendri
  • Asep Supena
Keywords: Pendidikan, Mobilitas sosial,

Abstract

Sistem pendidikan sebagai media sosial seharusnya mengalami perubahan sesaat setelah masyarakat berubah atau sebaliknya, perubahan pada sistem pendidikan seharusnya membawa perbaikan di dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Sejarah menunjukkan kaitan dan hubungan yang erat antara pendidikan di satu pihak dan keadaan sosial kemasyarakatan dipihak lain. Dari padanya kita belajar bahwa corak masyarakat pada satu kurun waktu tertentu, sangat ditentukan oleh sistem pendidikan yang dilaksanakannya. Dan sebaliknya, sistem pendidikan sosial sangat dipengaruhi oleh corak dan keadaan masyarakat yang membentuknya. Kelihatannya kaitannya antar sistem pendidikan dan keadaan masyarakat yang mendukung sistem tadi merupakan suatu dilema yang cenderung bersifat statis, karena keduanya saling mempengaruhi. Hal itu disebabkan, di satu sisi pendidikan menciptakan kekuatan-kekuatan pendorong untuk mencapai kemajuan dan di sisi lain, masyarakat adalah kekuatan yang menentukan peradaban dan pengetahuan serta memberi corak dan menentukan arah perkembangan dan kemajuannya sendiri.

References

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Arifin, S., Dewi Tryanasari, M. P., Wibawa, R. P., Winarsih, E., Nurulita Imansari, M. P., & Malawi, I. Inovasi di Bidang Pendidikan Guna Menghasilkan Generasi Tangguh. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Hamid, N., Setyowati, D. L., Juhadi, J., Priyanto, A. S., Wijayanti, N. R., & Aroyandini, E. N. (2021, December). Peran Pendidikan Formal, Keluarga, dan Masyarakat dalam Pendidikan Bencana. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS)(Vol. 4, No. 1, pp. 403-409).
Konstruktivisme, D. D. T., Putri, R. D. P., & Suyadi, V. V. S. IMPLEMENTATION OF THEMATIC LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOLS REVIEWED FROM CONSTRUCTIVISM DURING PANDEMIC COVID-19.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2), 120-128.
Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.
Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan Dasar di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091.
Putri, R. D. P., Suyadi, S., & Siregar, V. V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1-17.
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar kecamatan Ngemplak, Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1).
Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. AR-ROSIKHUN: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1).
Zenab, S. (2021). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 152-169.
Published
2022-06-27
How to Cite
lutfillah, maya, Zulhendri, Z., & Supena, A. (2022). PENGELOLAAN PENDIDIKAN DASAR DIKAITKAN DENGAN MOBILITAS SOSIAL. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 126-143. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i1.465
Section
Articles