METODOLOGI MEMAHAMI HADIS

  • Benny Kurniawan , IAINU Kebumen
Keywords: Metode, memahami hadis

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa memberikan sumbangsih munculnya metode maupun pendekatan baru untuk memahami hadis, karena hadis merupakan salah satu sumber pokok hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an tak kan lepas dari kajian maupun penelitian. Dalam metode pemahaman (syarh) hadis, para ulama menggunakan 3 metode, yaitu metode tahlili (analitis), metode ijmali (global), dan metode muqarin (perbandingan). Ibarat gading tak retak, ketiga metode itu mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing.

 

References

Al-Asqalani, Fath al-Bari Sahih al-Bukhari. Beirut: Dar al-Ma’rifah. Jilid 1.
Agil Husain Munawwar, Said dan Mustaqim, Abdul. 2001. Asbabul Wurud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ali, Nizar. 2001. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan). Yogyakarta: Center for Educational Studies and Development (CESaD) YPI Al-Rahmah.
________. 2007. (Ringkasan Desertasi) Kontribusi Imam Nawawi dalam Penulisan Syarh Hadis. Yogyakarta.
Baidan, Nashrudin. 2000. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
al-Din Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad al-’Aini, Badr. 1972. Syarh muqarin adalah Umdah al-Qari Syarh Sahih al-Bukhari,. Aleppo: Mustafa al-babi al-Halabi.
al-Hay al-Farmawi, Abd. 1997. Al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu’i. ,t.tp: Matba’ah al-Hadarah al-‘Arabiyyah.
Hasan, Fuad dan Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, dalam Koentjaraningrat (ed.), Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta: Balai Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III.
Yunus, Mahmud. 1973. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah Penafsir Al-Qur’an.
al-Qardhawi, Yusuf. 1993. Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. edisi terjemahan Bandung: Kharisma.
Published
2020-05-05
How to Cite
Kurniawan , B. (2020). METODOLOGI MEMAHAMI HADIS. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 1-15. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i1.324
Section
Articles