M, Manajemen Manajemen strategik sebagai paradigma baru dalam organisasi pendidikan

: Manajemen strategik sebagai paradigma baru dalam organisasi pendidikan

  • muhamad baedowi Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Manajemen, Strategik, pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prinsip-prinsip, keunggulan dan manfaat manajemen strategic dalam dunia pendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dengan melalui analisi deskriptif. Dari hasil penelitian ini menghasilkan bahwa Prinsip dalam manajemen strategik adalah adanya strategy formulation (perumusan strategi) yang mencerminkan keinginan dan tujuan organisasi yang sesunguhnya; adanya strategy implementation (implementasi strategi) yang menggambarkan cara mencapai tujuan (secara teknis strategi implementasi mencerminkan kemampuan organisasi dan alokasinya termasuk dalam hal ini adalah alokasi keuangan; strategy evaluation (evaluasi strategi) yang mampu mengukur, mengevaluasi dan memberikan umpan balik kinerja organisasimanajemen pembelajaran boarding school ditinjau dari: perencanaan, pelaksanaandan evaluasi .Keunggulan ,   antara  lain  :  profitabilitas,  produktifitasi   tinggi,  memiliki  posisi  kompetitif,  keunggulan teknologi,  keunggulan Sumber Daya Manusia,  iklim kerja yang kondusif, etika dan tanggung jawab sosial yang berkembang. Manfaat yang diperoleh dari implementasi manajemen strategik adalah : Organisasi menjadi dinamis, fungsi kontrol berjalan dengan efektif dan efisien, meniadakan perbedaan dan pertentangan pendapat dalam mewujudkan keunggulan, memudahkan dalam menyepakati perubahan atau pengembangan  strategi  yang akan dilaksanakan, Mendorong   perilaku   proaktif   bagi   semua   pihak   untuk   ikut   serta  mewujudkan keunggulan dan meningkatkan perasaan  ikut  memiliki,  berpartisipasi   aktif  dan  tanggung  jawab bagi semua komponen organisasi.

References

Akdon, Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Alfabeta. Bandung: 2009.
AB Susanto, Manajemen Strategik Komprehensif untuk Mahasiswa dan Praktisi. Erlangga. Jakarta: 2014.
Hadari Nawawi, Manajemen Strategik, Gadjah Mada Pers : Yogyakarta: 2005
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Alfabeta. Bandung: 2010.
Chusnul Chotimah dan Muhammad Faturrohman, Komplemen Manajemen Pendidikan Islam, Teras. Yogyakarta: 2014.
Syaiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta. Bandung: 2010.
Ujang Cepi Barlian, Manajemen Strategik Konsep dan Implementasinya, Khalifa Insan Cendekia Press. Bandun: 2015.
Jurnal.stiesemarang.ac.id/index.php/Jss/article/view/9/9, Diakses tanggal 10 Oktober 2015.
Published
2022-06-27
How to Cite
baedowi, muhamad. (2022). M, Manajemen Manajemen strategik sebagai paradigma baru dalam organisasi pendidikan. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 108-125. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v9i1.296
Section
Articles