Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak; Studi Buku Tafsir Al-Qur’an untuk Anak-Anak Karya Afif Muhammad

  • Shohibul Adib , IAINU Kebumen
Keywords: Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak

Abstract

Metode tafsir al-Qur’an yang selama ini ada lebih banyak ditujukan dan hanya
dapat dikonsumsi oleh orang dewasa baik dari pelajar, mahasiswa, dosen
maupun para cendekiawan, dan belum pernah menyentuh pada objek anakanak.
Padahal dunia orang dewasa jelas berbeda dengan dunia anak, anak
dengan kegemarannya bermain jelas memiliki dunia yang lain.
Bagaimana menyajikan sebuah metode tafsir al-Qur’an yang dapat
di konsumsi oleh anak adalah ide dan gebrakan baru dalam bidang dunia
keilmuan tafsir pada umumnya dan dalam dunia Pendidikan Agama Islam
(PAI ) pada khususnya, terutama kajian pendidikan tafsir al-Qur’an. Karena
iru, Afif Muhammad hair melalui karya tafsirnya dengan tema Tafsir Al-Qur’an
untuk Anak-Anak.
Karya Afif Muhammad ini yang lahir sebagai respon terhadap kepedulian
dunia pendidikan anak, khususnya dalam bidang pendidikan tafsir al-Qur’an
ini dinilai sebagai karya baru, hal ini terbukti dengan masih minimnya
literatur- literatur yang membahas tentang tafsir al-Qur’an untuk anak.
Permasalahannya kemudian adalah bagaimana metode penafsiran yang yang
ditawarkan oleh Afif Muhammad dalam karyanya dan yang terpenting lagi
adalah bagaimana menyajikan karakteristik tafsir al-Qur’an yang ideal untuk
anak dalam prespektif keilmuan PAI (Pendidikan Agama Islam)?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ijmāli dengan gaya bahasa
dialogis dalam Tafsir al-Qur’an untuk Anak-anak dapat dijadikan solusi
untuk memperbaiki metode ceramah yang selama ini ada di dalam PAI agar
tercipta hubungan timbal balik yang dinamis dan efektif antara pendidik
dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Metode komik dalam
Tafsir al-Qur’an untuk Anak-anak adalah karakteristik yang menonjol dalam
metode studi tafsir al-Qur’an untuk anak sehingga dapat dimanfaatkan oleh
para pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas maupun para
cendekiawan yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan anak.

References

Abdullah Badar Abu Su’ud, Tafsir Um al Mu’minin, ‘Aisyah ra. Terj. Gazi Saloom
dan Ahmad Syaikhu, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2000.
Abdurrahman al Shaleh Abdullah, Educational Teori a Qur’anic Outlook. Maktab
al Mukarromah, Umm al Qura University, tt.
__________, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Jakarta: Rienika Cipta,
1990.
Abdurrahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat,
Jakarta: Bina Insani, 1995.
Abdurrahman Umdirah, Metode Al-Qur’an Dalam Pendidikan, Surabaya:
Mutiara Ilmu, tt.
Abu Bakar Muhammad, Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya:
Usaha Nasional, 1981.
Abu Tauhid, Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tabiyah IAIN Sunan
Kalijaga, tt.
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: logos Wacana Ilmu, 1997.
__________, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarata: Grafindo Persada,
2001.
Afif Muhammad, Tafsir al-Qur’an untuk Anak-anak, Surah Annas, al Falaq, al
Ihlash, al Kafirun, Bandung: Mizan, 2001.
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah al Balad, al Insyiqoq,
Bandung: Mizan, 2003.
An-Nidzam Vol. 5 No. 2, Juli-Desember 2018
148
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah Al Fatihah, Bandung: Mizan,
2001.
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah al Infithar, al Naba’, Bandung:
Mizan, 2003.
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah al Muthaffifin, ‘Abasa,
Bandung: Mizan, 2003.
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah an Nas, al Ihlas, al Kafirun,
Bandung: Mizan, 2001.
__________, Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-anak: Surah al Syam, al Thariq, al Buruj,
Bandung: Mizan, 2003.
Afif Rahman, “Kiat Mendidik Agama Pada Anak Usia TK ” dalam: Nasehat
Perkawinan dan Keluarga, Jakarta: Pustaka Antara. Edisi Januari, 1996.
Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif,
1962.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosda
Karya,1994.
A’isyah Abdurrahman Bintusyathi’, Tafsir al-Bayān li al-Qur’an al-Karim, terj.
Muzdakir Abdus Salam, Tafsi Bintsyus Syathi’, Bandung: Mizan,1996.
Ali al-Jumbulati, Al Tibyan Fi Ulum Al-Qur’an, Jakarta: Dinamika Berkah Utama,
tt.
__________, Perbandingan Pendidikan Islam. Alih bahasa H.M.Arifin, Jakarta:
Rinika Cipta, 2002.
Anton M. Moeliono. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
1988.
As’ad Human, Pedoman Pengelolaan Pemeliharaan dan Pengembangan TKA
TPA Nasional,Yogyakarta: Tim Tadarus AMM, 1992.
Asfahani. Al-Raghib al-, Mu’jam Mufradat li al-Fāz al-Qur’an, Birut: Dar al-Fikr,
tt.
Asma Hasan Fahmi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam.alih bahasa Ibrahim
Husaein, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Asnawir & M Basiruddin Usman, Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Perss,
2002.
Awwadah. bin Ma’i Zahir Al-, Dirāsah Fi al Tafsir al Maudhu’i t.tp. t.pn, 1405.
Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak ...
149
B. Lewis et.al. The Encyclopedia of Islam, Leiden. E.J. Brill Vol. III, 1979.
Crow and Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990.
Depag. RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1996.
Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Ilmu Pendidikan
Islam, Jakarta: Depag,1984.
Dzahabi. M. Husein al-, Al-Tafsir wa al-Mufassirūn, Kairo: Dar al-Kutub al-Hadis.
Vol.II, 1991.
E Sumaryono, Hermeneutika Sebuah Metode Filsafat, Jakarta: Kanisius, 1993.
F. Patty dkk, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Farmawi. Abd alhayy al-, Al Bidāyah fi Tafsir Maudhu’i, Dirāsah Manhājiah
Maudhū’iah, terj. Suryan al Jamrah, Metode tafsir Maudui: Suatu
Pengantar Jakarta: LsiK, 1994.
Fatiyah Hasan Sulaiman, Aliran-aliran dalam Pendidikan. Studi Tentang Aliran
Pendidikan Menurut al Ghazali. Alih bahasa. H. Said Agil Husin al
Munawar dan Hadri Hasan. Semarang: Toha Putra, 1993.
Ghazali. Al-, Ihya’ Ulum al Din, Juz. I, tt.
Hadi. Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1990.
Hans Wehr, A dictinory of modern written Arabic, Wiesbaden: Otto
Harrassowitz,1979.
Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan,
Jakarta: Bulan Bintang, 2001.
__________, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Perss, 1985.
Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif,
1995.
__________, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Jakarta: Pustaka al Husna,
1988.
__________, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka al Husna, 1987.
Hasan. Ibrahim Abdul al-, “Al-Fikr al-Tarbawy ‘Inda Badruddin ibn Jamaah”,
Min ‘Alam li al-Tarbiyyah al-Islamiyah. Vol.III. ttp.: Maktabah al-Tarbiyah
al-Araby li Dauli al-Khalij.
Hasbi Ash Shiddieqy, Ilmu Al-Qur’an: Media Pokok dalam Penafsiran Al-Qur’an,
Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
An-Nidzam Vol. 5 No. 2, Juli-Desember 2018
150
Ibn Jama’ah al-Kinnany, Tadzkirah al-Sami’ wa al-Mutakallimin fi Adab al-Alim
wa al Muata’allim. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah. tt.
Ibn manzur, Lisān al-Arab, Beirut: Dar Sadhr. Vol. V.tt
Ibn Taimiyyah, Muqaddimah fi Ushūl al-Tafsir. Kuwait: Dar al-Qur’an al-Karim.
Cet. I, 1971 M/1391 H.
‘Iffat Muhammad as Syarqawi, Ittijāhat al-Tafsir fi Mishra fi al-Ashr al-Ahādis,
Kairo : Dar al-Kutub, 1972.
Imam Barnadib, Fisafat Pendidikan, Sistem dan Metode,Yogyakarta: Yayasan
Penerbit IKIP Jakarta, 1990.
Imam Murjito dan tim, Minhaj al Qiro’aty Pedoman Metode Praktis Bacaan
Ilmu Baca al-Qur’an Qiro’at, Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an
Raudhatul Mujawwidin, tt
Irawati Singarimbun,” Teknik Wawancara”, Metode Penelitian Survai.
Penyunting. Masru Sangarimbun. Safian Effendi. Jakarta: LP3ES , 1988
Jalaluddin dan Usman Sai’d, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 1994.
John M Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia,
1980.
Khulli. Amin al-, Manāhij Tajdid fi al-Nahw wa al-Balaghah wa al-Tafsir wa al-
Adab, Kairo: Dar al-Ma’rifah, 1961.
Ki Hajar Dewantara, Bagian Pertama Pendidikan, Yogyakarta: Majlis Luhur
Persatuan Taman Siswa, 1962.
M Quraish Sihab, Membumikan al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam
Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1998.
M. Arifin, Filsafat Pednidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
__________, Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Prkatis
Berdasarkan Pendekatan Indisipliner, Jakarta: Bumi Aksara,1991.
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rinika Cipta,1997.
M. Mansur” Metodologi Tafsir Realis ala Hasan Hanafi” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu
al-Qur’an dan Hadis, Jogjakarta: IAIN Sunan Kalijaga. Ushuluddin TH
Perss. Vol. 1. (Juni), 2000.
Mahfudh Shalahuddin, dkk., Metodologi Pendidikan Agama, Surabaya: Bina
Ilmu, 1987.
Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak ...
151
Malcolm Hardy Steve Heyes, Pengantar Psikologi, alih bahasa dr Soenardji,
Jakarta: Erlangga, 1988.
Mansur dkk. Metodologi Pendidikan Agama, Jakarta: Forum Mustafa, 1881.
Margaret Marcus, Islam dan Modernisme, alih bahasa A. Jainuri dan Syafi’i A.
Mughni, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Mel Silberman, Active Learning: 101 Strategies To Teach Subject, Terjemahan,
Yappendis, 1996.
Muhammad al Toumy al Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, alih bahasa Hasan
Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Al-Tarbiyah al-Islamiyyah wa Fal Safatuha,
Mesir: Isa al Babi al Halabi, 1975.
Muhammad Munir Mursyi, Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Ushūluha wa Tathāwuruha
fi Bilad Al-Arabiyyah, Mesir: Dar al-Ma’arif, 1978.
Muhammad Qutb, Sistem Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1993.
Muzatin Arifin, Pendidikan Islam Dalam Arus Dinamika Masyarakat: Suatu
Pendekatan Filosofis, Pedagogis, Psikososial dan Kultural, Jakarta: Gaden
Teratun Press, 1988.
Nashruddin Umar, Argumen Keseteraan Gender Prespektif Al-Qur’an, Jakarta:
Paramadina, 1999.
Nasruddin Baidan, Metode Penafsiran al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
1998.
Nicholas Drake and Elizabeth Davis. (eds), The Councise Encyclopedia of Islam,
Sanfrancisco: Harper & Row Publisher, 1989.
Qathan. Manna’ al-, Mabāhis fi Ulūm al-Qur’an, Mansyurah al ‘Ishry al Hadis,
1993.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1994.
S. Nasutin, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991.
__________, Asas-asas Kurikulum, Bandung: Cv. Jemmars, tt.
Sa’id Ismail Ali, Al-Falsafah Al-Tarbiyah ‘Inda Ibn Sina, Mesir: Dar al MA ’arif,
1969.
Shaleh Subhi al-, Mabāhis fi Ulūm al-Qur’an, Beirut: Dar al-Ilmi al-Qur’an al
Malayin, 1988.
An-Nidzam Vol. 5 No. 2, Juli-Desember 2018
152
Soegarda Poerbacaraka, Pendidikan Dalam Alam Indonesia Merdeka, Jakarta:
Gunung Agung, 1970.
Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 2002.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,
1991.
Suwito & Fauzan, Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, Bandung: Angkasa,
2003.
Syamsu Yusuf , Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja
Rosda Karya, 2000.
Syuyuthi. Al-, Al Itqān Fi Ulūm Al-Qur’an, Kairo: Dar al Fikr. Vol.II, tt.
__________, Al-Jāmi’ al-Shāghir, Ahādis al-Basyir an-Nadzir, Indonesia: Maktabah
Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyah. Vol.II , tt.
Tim Peneliti, Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam pada
Pendidikan Dasar, Yogyakarta: Proyek Perguruan Tinggi Agama IAIN
Sunan Kalijaga,1989/1999.
__________, “Rivew Kurikulum PAI Pendidikan Dasar” dalam Inovasi Kurikulum,
Jakarta: pengembangan kurikulum Tk. Dasar Depag. RI dengan Institute
For Study of Religion and Democracy (IRD). edisi III, 2003
__________, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve Vol.V, 1993.
__________, Ensiklopedi Nasional Indonesia,Jakarta: Cipta Adi Pustaka.Vol. IX,
1990.
__________, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1988.
__________, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Proyek Pembinaan
Prasarana Dan Sarana Perguruan Tinggi IAIN Jakarta, 1984/1985.
__________, Psikologi Pendidikan, Jogjakarta: UPP IKIP Press, 1995.
Wahhab. Abd al-Salam Tsuwailah Abd Al-, Al-Tarbiyah al-Islamy wa Fan al-
Tadris. Beirut: Dar al-Salam, 1997.
Wasti Soemanto, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Winarno Surakhmad, dasar dan Tekhnik Interaksi Belajar Mengajar, Bandung:
Tarsito, 1973.
__________, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1994.
WJS Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,
1991.
Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak ...
153
Zakiah Darajat, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
1996.
Zamakhsyari Dhafir, Kumpulan Istilah Terpilih Untuk Penelitian Agama Dan
Keagamaan, Jakarta: Balitbang Agama Depag RI, 1982
Zarkasyi. al-, Al-burhān fi Ulūm al-Qur’an,Beirut: Dar al-Ma’rifah tt.
Zuhairini Abdul Ghafir, Slamet A. Yusuf, Metodik Khusus Pendidikan Agama,
Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Published
2018-10-31
How to Cite
Adib , S. (2018). Karakteristik Metode Tafsir al-Qur’an untuk Anak; Studi Buku Tafsir Al-Qur’an untuk Anak-Anak Karya Afif Muhammad. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 123-153. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i2.177
Section
Articles