MODEL KEPEMIMPINAN KONTINGENSI SEBAGAI UPAYA MENGATASI DETERIORASI PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Deteriorasi atau penurunan mutu pendidikan Islam menjadi problematika
tersendiri bagi umat Islam dimana hal ini secara tidak langsung juga
melemahkan akar-akar generasi penerusnya. Perlu adanya upaya strategis
untuk mengatasi problematika ini agar masa depan Islam dapat terselamatkan.
Penelitian ini mencoba melirik pada model kepemimpinan kontingensi sebagai
salah satu upaya dalam mengatasi deteriorasi pendidikan Islam, dengan
mengandalkan peran serta pemimpin lembaga pendidikan islam dalam
membangun kerjasama yang solid dengan setiap lini struktural organisasinya
melalui kemampuannya dalam berinteraksi. Terkhusus dalam menghidupkan
kembali ruh pendidikan Islam yang berkualitas pemimpin juga dituntut
untuk memiliki sifat yang mencerminkan nilai-nilai Islami dan ketrampilan
terkait yang mumpuni. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan
cara menghimpun data-data atau sumber terkait yang diambil dari buku,
artikel, jurnal dan pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
kepemimpinan kontingensi cukup efektif dan dinilai mampu untuk dapat
mengatasi deteriorasi pendidikan Islam di Indonesia.
References
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tim Prima Pena. Gita Media Press
Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Marno, Triyo Supriyatno. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Islam. Bandung: Refika Aditma
Marini. Arita. 2016. Manajemen Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan
Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
E, Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Suharto, Babun. 2011. Dari Pesantren Untuk Umat: Reinventing Eksistensi
Pesantren di Era Globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.
Zuhairini, dkk. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Republika. Euforia Pendidikan Islam. Diakses pada tanggal 20 Januari 2018.
Copyright (c) 2018 Estria Solihatun Nurjannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).