MODEL KEPEMIMPINAN KONTINGENSI SEBAGAI UPAYA MENGATASI DETERIORASI PENDIDIKAN ISLAM

  • Estria Solihatun Nurjannah Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul ‘Ulama Kebumen
Keywords: Deteriorasi Pendidikan Islam, Kepemimpinan Kontengensi, Mumpuni

Abstract

Deteriorasi atau penurunan mutu pendidikan Islam menjadi problematika
tersendiri bagi umat Islam dimana hal ini secara tidak langsung juga
melemahkan akar-akar generasi penerusnya. Perlu adanya upaya strategis
untuk mengatasi problematika ini agar masa depan Islam dapat terselamatkan.
Penelitian ini mencoba melirik pada model kepemimpinan kontingensi sebagai
salah satu upaya dalam mengatasi deteriorasi pendidikan Islam, dengan
mengandalkan peran serta pemimpin lembaga pendidikan islam dalam
membangun kerjasama yang solid dengan setiap lini struktural organisasinya
melalui kemampuannya dalam berinteraksi. Terkhusus dalam menghidupkan
kembali ruh pendidikan Islam yang berkualitas pemimpin juga dituntut
untuk memiliki sifat yang mencerminkan nilai-nilai Islami dan ketrampilan
terkait yang mumpuni. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan
cara menghimpun data-data atau sumber terkait yang diambil dari buku,
artikel, jurnal dan pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
kepemimpinan kontingensi cukup efektif dan dinilai mampu untuk dapat
mengatasi deteriorasi pendidikan Islam di Indonesia.

References

Badeni. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. (Bandung: Alfabeta)
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tim Prima Pena. Gita Media Press
Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Marno, Triyo Supriyatno. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Islam. Bandung: Refika Aditma
Marini. Arita. 2016. Manajemen Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Muhaimin, dkk. 2004. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan
Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
E, Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Suharto, Babun. 2011. Dari Pesantren Untuk Umat: Reinventing Eksistensi
Pesantren di Era Globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.
Zuhairini, dkk. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Republika. Euforia Pendidikan Islam. Diakses pada tanggal 20 Januari 2018.
Published
2018-10-31
How to Cite
Nurjannah, E. (2018). MODEL KEPEMIMPINAN KONTINGENSI SEBAGAI UPAYA MENGATASI DETERIORASI PENDIDIKAN ISLAM. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 77-90. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i2.175
Section
Articles