MENYINGKAP PROBLEM FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN
Abstract
Dinamika pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perkembangan
yang signifikan. Indikasi terhadap anggapan ini didasarkan pada semakin
meningkatnya minat masyarakat muslim untuk memilih lembaga - lembaga
pendidikan Islam. Selain itu, semakin bertambahnya jumlah sekolah Islam,
asarama pendidikan Islam, dan juga fakultas ilmu pendidikan Islam yang
tersebar ke seluruh penjuru negeri ini. Modernisasi pendidikan Islam harus
dilakukan berdasarkan kultur kesadaran Ilmiah. Kesadaran ilmiah dalam
pendidikan Islam tersebut dapat diwujudkan memahami urgensi filsafat
pendidikan Islam. Abdul Munir Mulkhan memiliki pemikiran tentang adanya
problem filosofis dalam pendidikan Islam yang harus segera dicari jalan
keluarnya. Penulisan buku-buku filsafat pendidikan Islam yang selama
ini dijadikan rujukan otoritatif untuk perkuliahan tidak disusun berdasar
pemikiran yang tumbuh dalam filsafat Islam, dan nihilnya abstaksi terhadap
praktik pendidikan yang hidup di kalangan masyarakat muslim dalam
merumuskan filsafat pendidikan Islam, merupakan dua masalah pokok
filosofis pendidikan Islam. Disaat kita ketahui bahwa pendidikan Islam adalah
cara terbaik dalam membentuk karakter. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
(FITK) memiliki tanggung jawan akademik menjamin kualitas pendidikan
Islam yang tetap selaras dengan pandangan Islam.
References
Bandung : Pustaka Setia, 2009.
Khoir, Abdul, Filsafat Pendidikan Islam; Landasan Teoritis dan Praktis,
Pekalongan: STAIN Pekalongan Press, 2011.
Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam; Menuju pembentukan Karakter
Menghadapi Arus Global, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2010.
Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam; Fakta Teoritis – Filosofis & Aplikatif-
Normatif, Jakarta: Amzah, 2013.
Muliawan, Jasa Ungguh, Ilmu Pendidikan Islam; Studi Kasus Terhadap Struktur
Ilmu, Kurikulum, Metodologi, dan Kelembagaan Pendidikan Islam,
Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Mulkhan, Abdul Munir, Paradigma Intelektual Muslim; Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta: SIPRESS, 1993.
An-Nidzam Vol. 5 No. 1, Januari-Juni 2018
88
Mulkhan, Abdul Munir, Rekonstruksi Filsafat Tarbiyah; Dasar Pengembangan
Ilmu & Teknologi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Mulkhan, Abdul Munir, Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat,
Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Mulkhan, Abdul Munir, Jejak Filsafat Islam Dalam Filsafat Pendidikan Islam;
Analisis Struktural dan Fungsional Filsafat Islam Dalam Buku Filsafat
Pendidikan Islam Terbitan dalam Negeri dan Terjemahan, Yogyakarta:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, UIN Sunan
Kalijaga, 2013.
Mulkhan, Abdul Munir, Manajer Pendidik Profetik Dalam Konstruksi Kesalehan
Makrifat, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Volume I, Nomor 1, Mei 2016.
Mulkhan, Abdul Munir, Fungsi Tarbiyah dan Keguruan Dalam Pengembangan
Tradisi Taklim, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Omar Mohammad Al-Toumy Al Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta:
Bulan Bintang, 1979.
Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat Filsafat UGM, Filsafat Ilmu, Yogyakarta:
Liberty Yogyakarta, 1996.
Tirtaraharja, Umar & S.L.La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta : PT.Rineka
Cipta, 2005.
Copyright (c) 2018 Wagiyo ,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
Komunika by http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).