MENYINGKAP PROBLEM FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN

  • Wagiyo , UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pendidikan Islam, problem filosofis, pemikiran Abdul Munir Mulkhan

Abstract

Dinamika pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perkembangan
yang signifikan. Indikasi terhadap anggapan ini didasarkan pada semakin
meningkatnya minat masyarakat muslim untuk memilih lembaga - lembaga
pendidikan Islam. Selain itu, semakin bertambahnya jumlah sekolah Islam,
asarama pendidikan Islam, dan juga fakultas ilmu pendidikan Islam yang
tersebar ke seluruh penjuru negeri ini. Modernisasi pendidikan Islam harus
dilakukan berdasarkan kultur kesadaran Ilmiah. Kesadaran ilmiah dalam
pendidikan Islam tersebut dapat diwujudkan memahami urgensi filsafat
pendidikan Islam. Abdul Munir Mulkhan memiliki pemikiran tentang adanya
problem filosofis dalam pendidikan Islam yang harus segera dicari jalan
keluarnya. Penulisan buku-buku filsafat pendidikan Islam yang selama
ini dijadikan rujukan otoritatif untuk perkuliahan tidak disusun berdasar
pemikiran yang tumbuh dalam filsafat Islam, dan nihilnya abstaksi terhadap
praktik pendidikan yang hidup di kalangan masyarakat muslim dalam
merumuskan filsafat pendidikan Islam, merupakan dua masalah pokok
filosofis pendidikan Islam. Disaat kita ketahui bahwa pendidikan Islam adalah
cara terbaik dalam membentuk karakter. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
(FITK) memiliki tanggung jawan akademik menjamin kualitas pendidikan
Islam yang tetap selaras dengan pandangan Islam.

References

Dedi Supriyadi, Pengantar Filsafat Islam; Konsep, Filsuf, dan Ajarannya,
Bandung : Pustaka Setia, 2009.
Khoir, Abdul, Filsafat Pendidikan Islam; Landasan Teoritis dan Praktis,
Pekalongan: STAIN Pekalongan Press, 2011.
Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam; Menuju pembentukan Karakter
Menghadapi Arus Global, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2010.
Minarti, Sri, Ilmu Pendidikan Islam; Fakta Teoritis – Filosofis & Aplikatif-
Normatif, Jakarta: Amzah, 2013.
Muliawan, Jasa Ungguh, Ilmu Pendidikan Islam; Studi Kasus Terhadap Struktur
Ilmu, Kurikulum, Metodologi, dan Kelembagaan Pendidikan Islam,
Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Mulkhan, Abdul Munir, Paradigma Intelektual Muslim; Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta: SIPRESS, 1993.
An-Nidzam Vol. 5 No. 1, Januari-Juni 2018
88
Mulkhan, Abdul Munir, Rekonstruksi Filsafat Tarbiyah; Dasar Pengembangan
Ilmu & Teknologi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Mulkhan, Abdul Munir, Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat,
Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Mulkhan, Abdul Munir, Jejak Filsafat Islam Dalam Filsafat Pendidikan Islam;
Analisis Struktural dan Fungsional Filsafat Islam Dalam Buku Filsafat
Pendidikan Islam Terbitan dalam Negeri dan Terjemahan, Yogyakarta:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, UIN Sunan
Kalijaga, 2013.
Mulkhan, Abdul Munir, Manajer Pendidik Profetik Dalam Konstruksi Kesalehan
Makrifat, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Volume I, Nomor 1, Mei 2016.
Mulkhan, Abdul Munir, Fungsi Tarbiyah dan Keguruan Dalam Pengembangan
Tradisi Taklim, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Omar Mohammad Al-Toumy Al Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta:
Bulan Bintang, 1979.
Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat Filsafat UGM, Filsafat Ilmu, Yogyakarta:
Liberty Yogyakarta, 1996.
Tirtaraharja, Umar & S.L.La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta : PT.Rineka
Cipta, 2005.
Published
2018-10-29
How to Cite
, W. (2018). MENYINGKAP PROBLEM FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 63-88. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v5i2.164
Section
Articles