Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya prestasi beelajar peserta didik.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar, dan Suasana Religius terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MIN 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MIN 3 Purworejo, sedangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VI di MIN 3 Purworejo yang berjumlah40 orang.Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Motivasimemiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,038< α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,108 atau berkontribusi sebesar 10,8%. (2) Gaya belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,017<α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,141 atau berkontribusi sebesar 14,1%. (3) Suasana religius memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,000< α = 0,05. Adapun nilaikoefisien korelasi (r2) = 0,000 atau berkontribusi sebesar 00,0%. (4) Motivasi, gaya belajar, dan suasana religius secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 3 Purworejo, terbukti dari nilai Sig = 0,045< α = 0,05. Adapun nilaikoefisien korelasi (R2) = 0,198 atau berkontribusi sebesar 19,8%.