Abstract

Mutu pendidikan dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik buruknya sekolah. Sekolah dianggap bermutu jika berhasil mencapai tujuan pendidikannya. Terkait dengan efektivitas tujuan pendidikan, kompetensi manajerialkepala madrasah sangat berperan penting. Penelitian ini melihat adanya keterkaitan antara kompetensi managerial dengan mutu pendidikan sehingga masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut, Bagaimana Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kebumen?


Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer mencakup subjeknya yaitu kepala sekolah, guru dan staf karyawan MAN 4 Kebumen, sedangkan sumber data sekuder yaitu berupa dokumen-dokumen, catatan tertulis yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan carawawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala madrasah MAN 4 Kebumen dalam meningkatkan mutu pendidikanmemiliki beberapa indikator yaitu, Technical Skills, Human Skills, Conceptual Skills. (1)Dalam penguasaan teknis kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan kepala madrasah berbekal dari pengalamannya melalui diklat-diklat yang diikuti dan kepala madrasah memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah sepeti penggunan LCD saat pembelajaran. (2)Keterampilan hubungan manusia kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu tercermin dalam menjalin komunikasi dengan para guru secara efektif. (3)Keterampilan konseptual kepala madrasah dalammeningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan melakukan perencanaan yang jelas yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan madrasah.