SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN

  • Atsmarina Awanis Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pondok, Pesantren, Pondok Pesantren, Pendidikan Tradisional, Kiai

Abstract

Pendidikan sebagai usaha meningkatkan kualitas hidup manusia baik secara lahiriyah maupun bathiniyah, individu maupun sosial harus dilandaskan pada sistem yang terencana dengan baik dan diikuti dengan penerapan kurikulum yang tepat dan benar. Hal itu dimaksudkan agar tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu keberasilan proses pendidikan sangat tergantung pada kurikulum yang digunakannya, walaupun tidak menampik pentingnya peranan aspek-aspek pendidikan yang lainnya.

Mengingat peranan kurikulum dalam sebuah sistem pendidikan begitu vital, maka setiap lembaga pendidikan harus mampu menerapkan serta mensistematikan suatu bentuk kurikulum yang dinilai mampu membawa kepada suatu kondisi pendidikan yang ideal. Kondisi yang menggambarkan hakekat tujuan pendidikan yang sebenarnya dalam membentuk individu yang berkemampuan secara intelektual, skill dan moral serta mampu menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah lembaga pendidikan yang mampu bertahan di setiap perkembangan zaman tanpa harus melepas identitas aslinya sebagai lembaga pendidikan yang konsisten menjaga tradisi-tradisi lama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-12
How to Cite
Awanis, A. (2018). SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 2(2), 57-74. Retrieved from http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/54
Section
Articles