METODE TERAPI PENDIDIKAN SUFISTIK

(Studi Tentang Penyembuhan Penderita Gangguan Jiwa di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Kec. Mirit Kab. Kebumen)

  • MUGIARTO , Uninersitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: Terapi Pendidikan Sufistik, Gangguan Jiwa, Padepokan Wali Sirri.

Abstract

Di era globalisasi yang serba materialistik metode terapi pendidikan sufistik bagi penderita gangguan jiwa menjadi sangat penting karena menambah keimanan kepada Allah swt, sebab individu yang benar-benar religius akan selalu siap menghadapi berbagai problematika dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode terapi pendidikan sufistik dalam rangka penyembuhan penderita gangguan jiwa di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Penelitian ini mendeskripsikan tentang penerapan metode terapi pendidikan sufistik untuk penyembuhan penderita gangguan jiwa di Padepokan Wali Sirri Desa Winong Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Metode terapi pendidikan sufistik dalam menyembuhkan penderita gangguan jiwa memberikan dampak yang baik bagi para pasien yang telah mengikuti proses terapi pendidikan sufistik. Para pasien mengalami perubahan jiwa yang membaik, dan akhirnya sembuh.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-12
How to Cite
, M. (2018). METODE TERAPI PENDIDIKAN SUFISTIK. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 2(2), 25-41. Retrieved from http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/52
Section
Articles