KREATIVITAS DALAM PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN

  • Ririn Muthiatun Nisa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Kreativitas, Psikologi humanistik

Abstract

Kreativitas adalah suatu gaya hidup, suatu cara dalam mempersepsi dunia. Salah
satu konsep yang sangat penting dalam bidang kreativitas adalah hubungan antara
kreativitas dan aktualisasi diri. Menurut psikolog humanistik aktualisasi diri ialah
apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang
ia mampu menjadi. Pribadi yang dapat mengaktualisasi dirinya adalah seseorang
yang sehat mental, dapat menerima dirinya, selalu tumbuh, berfungsi sepenuhnya,
berpikiran demokratis, dan sebagainya. Teori ini sangat tepat dalam dunia pendidikan
kita mengingat tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan kualitas
manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang
Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas,
kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan
produktif serta sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian peserta didik diharapkan
tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakatnya dan tumbuh menjadi manusia
yang cerdas dan kreatif.
Kata Kunci: Kreativitas, Psikologi humanistik

Published
2017-06-11
How to Cite
Nisa, R. (2017). KREATIVITAS DALAM PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 67-85. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v4i1.30
Section
Articles