Abstract

Tetapkan fokus pada fokus utama pada saat ini ((Sekolah Dasar Sekolah Dasar Sekolah: Muhammadiyah 3 Padang. Tujuannya adalah untuk menjelaskan sebagai berikut: (1) mengetahui guru-guru Pendidikan agama Islam hearts Motivasi Peserta didik untuk review belajar di Kelas 7 Sekolah Muhammadiyah 3 Padang, (2) Untuk mengetahui guru-guru Pendidikan agama di Motivasi Peserta didik untuk review belajar di Kelas 7 Sekolah Muhammadiyah 3 Padang. Beroperasi Penelitian Suami Adalah deskriptif kualitatif naturalistik yang berhubungan apa yang dipelajari dan tidak direkayasa.
Untuk membuat penelitian dilakukan menggunakan teknik data seperti wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa guru pendidikan agama Islam dalam motivasi peserta didik untuk belajar di kelas 7 Sekolah Muhammadiyah 3 Padang adalah sebagai berikut; memberikan motivasi kepada siswa atau dorongan sebelum memulai pembelajaran, menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran, memilih cara penyajian yang bervariasi, memberikan manfaat dan membantu dalam belajar, memberikan pujian, hadiah atau hadiah, hadiah untuk anak didik pribadi. Berdasarkan hasil yang ada dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan Islam dalam memotivasi siswa untuk belajar di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Padang adalah: memberikan motivasi atau dorongan sebelum pembelajaran dimulai,menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran yang diberikan, memilih cara penyajian yang bervariasi, memberikan solusi dan membantu dalam belajar, memberi pujian, penghargaan atau hadiah, dan penghargaan pribadi anak. Kendala yang dilewatkan oleh guru pendidikan Islam dalam memotivasi siswa untuk belajar di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Padang adalah: Sarana dan prasarana tidak mencukupi, jumlah waktu tidak mencukupi, buku referensi
tidak lengkap, minat peserta didik yang kurang, lingkungan kurang untuk hadiah.Saran-saran dalam pembahasan makalah ini adalah: (1) para peneliti memberikan kepada pihak sekolah agar memberikan informasi yang tinggi kepada para peserta didik yang lebih dari peserta untuk mempelajari dan juga untuk memberikan fasilitas-fasilitas lengkap seperti buku referensi yang membahas dengan pendidikan Islam, dan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. (2) Terhadap para guru, agar-agar guru lebih meningkatkan peran dalam belajar, seperti menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Kegiatan belajar lebih banyak dan lebih aktif.